Perjalanan Karier Takefusa Kubo: Dulu Main di GBK, Tahun Ini Tampil di Piala Dunia

Kamis, 24 November 2022 - 15:00 WIB
loading...
Perjalanan Karier Takefusa Kubo: Dulu Main di GBK, Tahun Ini Tampil di Piala Dunia
Takefusa Kubo sempat mencuri perhatian ketika berhasil mengantarkan Jepang menang 2-1 atas Argentina di laga pembuka Grup E Piala Dunia 2022. Tapi tahukah Anda kalau gelandang serang Samurai Biru itu pernah bermain di GBK? / Foto: Yonhap News Agency
A A A
JAKARTA - Nama Takefusa Kubo memiliki kesan tersendiri bagi pecinta sepak bola Indonesia. Gelandang serang Timnas Jepang itu pernah berlaga di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, dan sekarang tampil di Piala Dunia 2022 .

Kubo telah menunjukkan bakatnya mengolah si kulit bundar sejak berumur tujuh tahun. Memulai bermain untuk klub lokal di tempat kelahirannya di Kawasaki, FC Persimmon, Kubo kemudian tembus ke FC Barcelona Soccer Camp pada 2009.

Pemain kelahiran 4 Juni 2001 itu kemudian mendapat undangan masuk La Masia pada 2011 untuk masuk Barca Alevin C (U-11). Di sana, dia mencatat prestasi dengan menjadi pencetak gol terbanyak di liga dengan 74 gol dalam 30 pertandingan, MVP di turnamen Piala Mediterania U12, hingga membantu timnya mendominasi liga dan memenangi Piala Catalunya.

BACA JUGA: Tite Berdoa di Masjid Jelang Laga Brasil vs Serbia

Kubo kembali ke kampung halamannya pada 2015. FC Tokyo memanfaatkan hal itu dan merekrutnya untuk tim junior. Tak butuh waktu lama, Kubo dipromosikan ke klub senior pada 2016 atau saat menginjak usia 15 tahun.

Selama tiga tahun membela klub itu, Kubo sempat dipinjamkan ke Yokohama F. Marinos. Setelah habis masa pinjamannya, dia kembali ke FC Tokyo hingga 2019.

Ada momen menarik saat bersama FC Tokyo tepatnya pada 2018. Kubo dan klubnya itu menghadiri laga uji coba melawan Bhayangkara FC di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta. Kubo pun turut andil dalam mencetak dua gol pada laga yang berakhir untuk kemenangan 4-2 FC Tokyo.

BACA JUGA: Fans Jepang Pilih Bersih-Bersih Stadion ketimbang Rayakan Kemenangan Atas Jerman

Momen Kubo datang dan main di Indonesia bukan satu kali itu saja. Di tahun yang sama, Kubo masuk skuad Timnas Jepang U-19 untuk melakoni Piala Asia U-19 2018 di Jakarta.

Kala itu, Timnas Jepang U-19 kebetulan bertemu Timnas Indonesia U-19 di babak perempat final. Pada laga yang digelar di GBK itu, Kubo membuat assist untuk gol Taisei Miyashiro sekaligus mengantarkan Jepang menang 2-0.

Setelah tampil reguler di FC Tokyo, klub besar Spanyol, Real Madrid pun tertarik memboyongnya untuk periode 2019-2022. Di awal tahun 2019 pun dia dipromosikan ke Timnas Jepang senior.

Laga demi laga dia mainkan bersama tim Samurai Biru sampai akhirnya berkesempatan main di Piala Dunia 2022 Qatar. Takefusa Kubo pun menjadi salah satu pemeran penting dalam kemenangan 2-1 atas Timnas Jerman di laga pembuka Grup E pada Rabu 23 November kemarin.

(yov)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0986 seconds (10.101#12.26)