Profil Wayne Hennessey, Kiper Ketiga yang Dihukum Kartu Merah Sepanjang Sejarah Piala Dunia

Jum'at, 25 November 2022 - 23:59 WIB
loading...
Profil Wayne Hennessey, Kiper Ketiga yang Dihukum Kartu Merah Sepanjang Sejarah Piala Dunia
Kiper tim nasionalWales, Wayne Hennessey, diusir wasit Mario Escobar saat timnya dikalahkan Iran/Foto/Reuters
A A A
AL RAYYAN - Kiper tim nasional (Timnas) Wales , Wayne Hennessey, diusir wasit Mario Escobar saat timnya dikalahkan Iran 0-2 di laga kedua Grup B Piala Dunia 2022 . Hennessey menjadi penjaga gawang ketiga sepanjang sejarah Piala Dunia yang dihukum kartu merah.

Sejatinya, laga yang digelar di Ahmed bin Ali Stadium, Al Rayyan, Qatar, pada Jumat (25/11/2022) sore WIB itu berjalan imbang sepanjang 85 menit. Namun, keadaan berubah setelah Hennessey diberi kartu merah oleh wasit asa Guatemala itu pada menit 86.

Baca juga: Cristiano Ronaldo Ngamuk saat Lihat Selebrasi Siu Ditiru Pemain Ghana

Kiper Nottingham Forest itu menjegal Mehdi Taremi, yang berhasil melewatinya setelah mendapat umpan lambung dari lini belakang, di luar kotak penalti. Pada awalnya, wasit hanya menghukumnya dengan kartu kuning, tetapi setelah melihat tayangan VAR, keputusan itu diubah menjadi kartu merah sehingga membuat posisinya digantikan Danny Ward.

Dilansir dari Twitter @OptaJoe, Jumat (25/11/2022), Hennessey merupakan kiper ketiga yang mendapat kartu merah sepanjang sejarah gelaran Piala Dunia. Sebelumnya, hanya ada dua kiper yang mengalami nasib sial sepertinya sejak turnamen sepakbola terakbar di dunia itu kali pertama dihelat pada 1930 silam.

Baca juga: Uruguay vs Korea Selatan, Laga Tanpa Tembakan Tepat Sasaran Pertama dalam Sejarah Piala Dunia

Yang pertama adalah kiper Italia, Gianluca Pagliuca, pada Piala Dunia 1994 saat melawan Norwegia. Kemudian, yang kedua adalah Itumeleng Khune dari Afrika Selatan ketika berhadapan dengan Uruguay pada edisi 2010 silam.

Keluarnya mantan kiper Crystal Palace itu pun membuat The Dragons -julukan Wales- dihajar habis-habisan oleh Iran di menit-menit akhir waktu normal. Pada akhirnya, Team Melli -julukan Iran- pun sukses mencetak dua gol di penghujung laga lewat Rouzbeh Cheshmi pada menit 90+8 dan Ramin Rezaeian tiga menit kemudian.

Kekalahan itu pun membuat tim besutan Rob Page tersebut turun ke dasar klasemen dengan koleksi satu poin. Mereka memiliki poin yang sama dengan Amerika Serikat, yang baru akan bertanding dini hari nanti melawan Inggris.

Sementara bagi Iran, kemenangan itu membuat mereka naik ke posisi dua klasemen dengan torehan tiga angka. Dengan begitu, peluang Sardar Azmoun dan kolega untuk lolos ke babak 16 besar masih terbuka dengan pertandingan terakhir melawan Amerika Serikat pada Rabu (30/11/2022) mendatang yang bakal jadi penentunya.

(sha)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1754 seconds (10.177#12.26)