Profil dan Agama Cristiano Ronaldo, Kapten Portugal Pemecah Rekor Piala Dunia

Sabtu, 26 November 2022 - 15:27 WIB
loading...
Profil dan Agama Cristiano Ronaldo, Kapten Portugal Pemecah Rekor Piala Dunia
Profil dan Agama Cristiano Ronaldo, Kapten Portugal Pemecah Rekor Piala Dunia/The Sun
A A A
Profil dan agama Cristiano Ronaldo memang bukanlah hal baru bagi para pecinta sepak bola maupun yang bukan. Namun apa salahnya untuk kembali mengulas bagaimana kiprah sang legenda pencetak rekor di sepanjang abad 20 ini.

Sepanjang dekade ini memang telah jadi masa keemasan bagi dua pesepak bola andal dunia, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Keduanya saling sikut untuk membuktikan siapa yang terbaik di kancah persepakbolaan dunia dengan torehan rekor dan gelar.



Sang megabintang Cristiano Ronaldo kembali menjadi pusat perhatian karena berhasil menorehkan rekor baru di Piala Dunia 2022. Ronaldo menjadi pemain pertama yang mencetak gol di 5 ajang Piala Dunia yang berbeda.

Cristiano Ronaldo tercatat mencetak gol di ajang empat tahunan tersebut pada tahun 2006, 2010, 2014, 2018, dan 2022. Miroslav Klose yang merupakan top scorer ajang tersebut saja hanya pernah mencetak gol di 4 kali gelaran Piala Dunia.

Pemain yang hengkang dari Manchester United ini juga telah banyak memecahkan rekor yang sulit untuk dipecahkan pemain lain, baik dari kancah liga maupun internasional. Seperti pemain pertama yang mencetak gol pada lima gelaran Euro yang berbeda, Top Scorer Liga Champions, hingga caps internasional terbanyak sepanjang sejarah.

Berbagai kejuaraan maupun gelar individu juga jadi pencapaian mentereng bagi pemain yang kini telah menginjak usia 37 tahun. Pria yang lahir pada 5 Februari 1985 ini mulai mencuat ke permukaan setelah diboyong Manchester United dari Sporting Lisbon pada 2003 lalu.

Berbagai trofi telah dipersembahkannya seperti Juara Liga Inggris sebanyak 3 kali, Piala FA 1 kali, Liga Champions 1 kali, dan 1 kali Juara Dunia antar klub. Torehan Ballon D'or pertamanya pada tahun 2008 juga diraih ketika masih berseragam Setan Merah.

Setelah kurang lebih 6 tahun membela The Reds Devils, pemain berjuluk CR7 tersebut hijrah ke Real Madrid dan sempat memecahkan rekor transfer pemain termahal di tahun tersebut. Meskipun sempat turun performa di awal karir bersama Los Blancos, seiring berjalannya waktu dia menunjukkan kelasnya.

Torehan empat kali Ballon D'or juga didapat ketika masih membela klub yang bermarkas di Santiago Bernabeu itu.
Kemudian 4 kali trofi Liga Champions, 2 kali juara La Liga, dan 2 kali juara Copa Del Rey turut dipersembahkan Cristiano Ronaldo selama sembilan tahun membela Si Putih.

Dirinya juga mengukuhkan diri sebagai pencetak gol terbanyak di Real Madrid sepanjang sejarah dengan 312 gol.
Pada tahun 2018 lalu, Cristiano Ronaldo kembali berpindah klub, kini ke raksasa Seri A, Juventus. Meskipun telah menginjak usia kepala tiga namun permainannya tak menurun sama sekali.



Gol demi gol telah diciptakannya bersama Si Nyonya Tua. Capaian 101 gol dalam 134 penampilan menjadi bukti masih suburnya pemain berjuluk robot tersebut. Tak luput dua gelar scudetto Serie A juga turut dipersembahkannya untuk La Vecchia Signora. Hingga akhirnya dia kembali ke klub yang membesarkan namanya Manchester United pada 2021.

Namun kembalinya Cristiano Ronaldo ke Old Trafford tak semanis dulu masa kepemimpinan Sir Alex Ferguson.
Pemegang 5 kali Ballon D'or ini justru harus hengkang karena terlibat cekcok dengan juru taktik MU yang baru, Erik ten Hag. Pada wawancara bersama Piers Morgan, dirinya mengungkapkan penyebab tak sejalannya dia dengan sang pelatih. Setelah ajang Piala Dunia 2022 ini, Ronaldo dipastikan hengkang dari Setan Merah dan belum pasti akan berlabuh ke mana selanjutnya.

Biodata singkat Cristiano Ronaldo:

Nama : Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro
Tanggal Lahir : 5 Februari 1985
Tempat Lahir : Funchal, Portugal
Tinggi : 187 cm
Posisi : Striker
Agama : Katolik
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1946 seconds (0.1#10.140)