Festival Oranje Indonesia, Nobar Piala Dunia Terbesar di Tanah Air

Senin, 28 November 2022 - 14:30 WIB
loading...
Festival Oranje Indonesia, Nobar Piala Dunia Terbesar di Tanah Air
Acara Oranje Indonesia Festival berlangsung sukses dan meriah di Lapangan Panahan, Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (25/11/2022). Foto: Twitter
A A A
JAKARTA - Acara Oranje Indonesia Festival berlangsung sukses dan meriah di Lapangan Panahan, Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (25/11/2022). Itu saat duel Belanda vs Ekuador pada laga kedua Grup A Piala Dunia 2022 yang berakhir imbang 1-1.



Acara nonton bareng terbesar yang pernah dihelat di Indonesia ini dihadiri lebih dari 3 ribu pendukung Belanda. Event ini juga dimeriahkan penampilan musisi nasional Jason Ranti dan Danilla.

Belum lagi panduan acara oleh komentator olahraga terkenal dan penggemar Oranje, Valentino Simanjuntak. Kehadiran mantan pemain Oranje Ron Vlaar ikut melengkapi pengalaman bagi ribuan penggemar Oranje di Indonesia.

Oranje Indonesia Festival dibuka secara resmi oleh Perwakilan KNVB Ilja Dijkstra, Sesmenpora Gunawan Suswantoro, Wasekjen PSSI Maike Ira Puspita, Direktur Teknik Indra Sjafri, dan Dubes Belanda Lambert Grinch.

Pada kesempatan itu, Gunawan mengatakan acara Oranje Indonesia bisa menjadi bukti bahwa sepak bola itu bisa menyatukan dan membawa perdamaian.

“Semoga hubungan baik antara Indonesia dan Belanda ini, dengan fans yang begitu banyak ini, memliki dampak yang baik," ucap Gunawan.

"Melihat semangat penonton sepak bola di Indonesia ini meyakinkan kita dan bisa menjadi bukti bahwa sepak bola bisa mempersatukan dan membawa perdamaian,” lanjutnya yang mewakili Kemenpora.

Kepala Strategi Pemasaran Internasional KNVB, Ilja Dijkstra mengaku senang bisa merealisasikan Oranje Indonesia Festival. Menurutnya, momen ini menjadi ajang silaturahmi besar bagi suporter Belanda di Indonesia.

"Kami sangat bahagia bisa berada di sini untuk memberikan sesuatu bagi penggemar Timnas Belanda di Indonesia. Sangat luar biasa para penggemar, sehingga akhirnya kami menggelar Oranje Festival Indonesia," ujarnya.

Kesuksesan 'Oranje Indonesia Festival' di Jakarta merupakan salah satu dari sekian banyak kegiatan yang telah digulirkan KNVB di Indonesia sejak tahun 2021.

Acara festival di Jakarta akan ditindaklanjuti dengan Fan Tour yang akan mengunjungi penggemar di seluruh Indonesia.

Selama Fan Tour ini, penggemar dari Jawa hingga Papua Barat dan Ambon akan dikunjungi oleh KNVB pada pertandingan Piala Dunia melawan Qatar dan setiap pertandingan di fase sistem gugur.

KNVB akan merasakan pengalaman menyaksikan pertandingan bersama para penggemar dan akan meninggalkan hadiah di setiap kota dalam bentuk lukisan mural.

Hadiah pertama telah ditempatkan di Jakarta di kafe kopi Unfinished milik Oranjefan Mario Lawalata - untuk mengakui semua kelompok suporter di Indonesia, yang berdasarkan data mencapai 12 juta penggemar Oranje.

Kegiatan seputar Piala Dunia di Indonesia merupakan bagian dari strategi penggemar internasional KNVB. Dalam strategi ini KNVB ingin berterima kasih kepada jutaan penggemar atas dukungan setia mereka.



Ini termasuk akun penggemar lokal Oranje_Indonesia di Instagram, merchandise yang dikembangkan khusus untuk penggemar Indonesia dan kegiatan WorldCoaches.

(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1268 seconds (0.1#10.140)