Islam Makhachev Dinilai Belum Cocok Jadi Ranking 1 Pound for Pound

Selasa, 29 November 2022 - 17:02 WIB
loading...
Islam Makhachev Dinilai Belum Cocok Jadi Ranking 1 Pound for Pound
Islam Makhachev Dinilai Belum Cocok Jadi Ranking 1 Pound for Pound. Foto: IST
A A A
JAKARTA - Juara baru gelar kelas ringan Islam Makhachev masih terlalu dini untuk menyandang titel nomor 1 ranking pound for pound (P4P). Pendapat itu dinyatakan pelatihnya sendiri Javier Mendez.

Seperti diketahui, Islam Makhachev meraih sabuk kelas ringan dari tangan Charles Oliveira pada UFC 280 pada 23 Oktober kemarin. Hal itu membuatnya langsung menempati peringkat ketiga ranking P4P.



Sebulan kemudian, peringkat 2 P4P Israel Adesanya asal Nigeria-Selandia Baru dikalahkan Alex Pereira (Brasil) dalam UFC 281. Hal itu membuat Adesanya turun ke peringkat 6 P4P dan Pereira membuntuti di urutan 9.

Lebih lagi, kekalahan itu mempengaruhi peringkat Makhachev secara instan. Petarung Rusia itu naik ke peringkat kedua untuk menggantikan slot tersebut.

Javier Mendez yang melihat itu justru tidak senang. Sebab, untuk mendapatkan peringkat atas P4P, sejatinya tidak hanya dengan memenangkan satu pertarungan. Perlu perjuangan besar dan berkali-kali sebelumnya.

“Lihat, Islam naik ke posisi No. 2 pound-for-pound di UFC hanya dalam satu pertarungan? Bagaimana bisa? Saya tahu dia bagus, dan saya yakin dia No. 1. Saya percaya itu,” kata Mendez dalam sebuah wawancara dengan MMA Junkie dikutip laman mmamania, Senin (28/11/2022).

“Tetapi untuk memberinya tempat No. 2 pound-for-pound hanya dalam satu pertarungan? Tidak. Saya tahu dalam hati saya seiring berjalannya waktu dia akan menjadi No. 1. Sesederhana itu. Tapi hanya karena satu pertarungan tentu tidak bisa,” lanjutnya.

“Saya tidak suka itu. Itu dilakukan terlalu cepat,” tegasnya.

Selanjutnya, Makhachev bakal menantang peringkat pertama P4P Alexander Volkanovski pada UFC 284 di Perth, Australia, Februari 2023 mendatang. Sekiranya menang, Makhachev langsung menyabet peringkat pertama P4P.

Mendez menilai itu tidak adil bagi petarung manapun terutama yang pernah menduduki peringkat pertama tersebut. Dia pun membandingkan bagaimana Volkanovski meraih peringkat itu setelah “babak belur” dalam pertarungan-pertarungan besar sebelumnya.

“Dia (Makhachev) adalah orangnya (bakal menjadi no.1 P4P), tapi dia perlu berbuat lebih banyak,” tambah Mendez.

“Itulah yang saya yakini. Dia harus mengalahkan Volkanovski, lalu Dariush. Dia harus mengalahkan orang-orang itu, jadi bisa dibilang dia No. 1. Lihat apa yang dilakukan Volkanovski.

“Dia jatuh-bangun dengan semua penantang yang ada di kelas beratnya. Semua orang. Dia meladeni mereka semua. Islam perlu meladeni semua orang. Sekali lagi, saya merasa dia No. 1, tetapi untuk mendapatkan itu Anda harus menghabisi semua orang, begitulah cara kerjanya. Itulah yang saya pikirkan,” lanjutnya.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1530 seconds (0.1#10.140)