Champion SAC Indonesia 2022: Pelajar SMAN 7 Cirebon Pecahkan Rekor di Nomor Tolak Peluru

Senin, 28 November 2022 - 01:21 WIB
loading...
Champion SAC Indonesia 2022: Pelajar SMAN 7 Cirebon Pecahkan Rekor di Nomor Tolak Peluru
Bayanillah dari siswa SMAN 7 Cirebon tak hanya sukses naik podium juara dan berhak mewakili West Java Qualifiers ke National Championship. Tolakan sejauh 14,03 meter milik Bayanillah itu juga memecahkan rekor tolakan jarak terjauh pada ajang Champions SAC
A A A
BANDUNG - Kompetisi atletik pelajar terbesar Tanah Air, Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022-West Java Qualifiers berhasil memecahkan rekor pada nomor shot put atau tolak peluru persaingan putra tingkat pelajar SMA. Adalah Bayanillah dari siswa SMAN 7 Cirebon berhasil melakukan lemparan sejauh 14,03 meter pada final yang berlangsung di GOR Arcamanik, Sabtu (26/7/2022).

Bayanillah tak hanya sukses naik podium juara dan berhak mewakili West Java Qualifiers ke National Championship. Tolakan sejauh 14,03 meter milik Bayanillah itu juga memecahkan rekor tolakan jarak terjauh pada ajang Champions SAC Indonesia 2022.

Bayanillah sukses menggusur rekor terjauh sebelumnya, yakni 13,63 meter milik Rifqi Adi Saputra dari siswa MAS Al I'anah Playen, yang tampil pada Yogyakarta Qualifiers, 21-23 Oktober lalu.

Bayanillah dan Rifqi Adi Saputra nantinya saling bersaing pada National Championship atau ajang bertemunya para juara dan runner up dari embilan wilayah qualifiers Champion SAC Indonesia 2022 di Jakarta pada Januari 2023 mendatang. Nantinya, mereka bakal memperebutkan tiket ke Australia untuk mengikuti training camp di fasilitas sports science ternama di Negeri Kanguru.

Bandung sendiri merupakan kota kedelapan penyelenggaraan Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022 dari toal sembilan wilayah qualifiers. Pada pelaksanaan West Java Qualifiers ini juga mengantarkan regu putra SMAN 5 Karawang menjadi yang terbaik pada persaingan nomor relays (lari estafet 4x100 meter).

Pada babak final yang berlangsung Minggu (27/11/2022), mereka berhasil finis di tempat pertama dengan catatan waktu 46,95 detik. Catatan waktu regu SMAN 5 Karawang tersebut sangat tipis dengan pemegang rekor terbaik nomor lari estafet 4x100 meter putra Champion SAC Indonesia 2022 yang dicatatkan regu SMAN 1 Glagah Banyuwangi saat bersaing pada East Java Qualifiers, yakni 45,91 detik.

Sebagai winner dari masing-masing qualifiers, kedua regu ini akan bersaing memperbaki catatan waktu mereka pada babak National Championship nanti.

Selain lompat jauh dan lari estafet, Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia-West Java Qualifiers menuntaskan pertandingan nomor lintasan dan lapangan lainnya. Total sebanyak 32 pelajar putra dan putri tingkat SMA yang berhasil naik podium sebagai winner dan runner-up berhak mewakili Jawa Barat berlaga di babak National Championship.

Kepala Seksi Promosi Olahraga Prestasi Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung, Usep Supriatna, berharap kontingen Jabar dapat mendominasi dan pulang membawa predikat juara pada persaingan tingkat nasional nantinya. "Saya mewakili Dispora Kota Bandung berharap yang terbaik untuk para juara dari Jawa Barat. Saya berharap mereka nanti dapat menginspirasi pelajar-pelajar lain dan dirinya sendiri untuk terus menekuni dan berlatih di atletik. Lalu, olahraga atletik dapat lebih ramai lagi," ungkap Usep dalam keterangan persnya.

Tak lupa, Usep mengapresiasi gelaran Champion SAC Indonesia-West Java Qualifiers. Dia berharap kompetisi ini dapat menjaring bibit-bibit atletik terbaik, khususnya Jawa Barat mengingat Jawa Barat menjadi salah satu provinsi yang berpotensi terus menyumbang atlet untuk tim nasional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2071 seconds (0.1#10.140)