Biodata dan Agama Simpiwe Vetyeka, Perusak Rekor Tak Terkalahkan Chris John

Rabu, 30 November 2022 - 21:04 WIB
loading...
Biodata dan Agama Simpiwe Vetyeka, Perusak Rekor Tak Terkalahkan Chris John
Biodata dan Agama Simpiwe Vetyeka, Petinju Perusak Rekor Tak Terkalahkan Chris John/BoxinG Scene
A A A
Biodata dan agama Simpiwe Vetyeka, petinju yang merusak rekor tak terkalahkan Chris John akan dibahas di artikel ini. Simpiwe Vetyeka merupakan seorang petinju profesional asal Afrika Selatan. Mengutip informasi dari laman Boxrex, Rabu (30/11/2022), dia lahir di Mdantsane, Eastern Cape, South Africa pada 24 Desember 1980.

Dalam riwayat kariernya, Simpiwe melakukan debutnya pada 11 Januari 2002. Kala itu, dia berhasil menumbangkan petinju bernama Lundi Mbozi. Sementara pertandingan terakhirnya berlangsung pada 6 April 2018 saat dia mengalahkan Thomson Mokwana.



Pada karier profesionalnya, petinju Afrika Selatan ini memiliki rekor 30-4 alias 30 kemenangan dan 4 kali kekalahan. Dari total kemenangan yang didapat, 18 diantaranya diraih dengan menang KO. Dari sekian banyak lawan yang telah dihadapi, Simpiwe Vetyeka pernah melawan petinju Indonesia, yakni Chris John. Pertandingan ini berlangsung pada 6 Desember 2013 di Metro City, Northbridge, Australia.

Saat itu, Chris John tengah memiliki rekor tak terkalahkan selama 51 pertandingan. Dalam pertarungan tersebut, pada akhirnya Simpiwe Vetyeka yang non muslim berhasil mengalahkan ‘The Dragon’ dan merebut gelar kelas bulu WBA.

Bagi Chris John, hal ini merupakan kekalahan pertama sepanjang karier profesionalnya di ring tinju. Sehingga, banyak yang menyebut Simpiwe sebagai pemutus rekor tak terkalahkan petinju asal Indonesia ini.



Sebelum melawan Chris John, Simpiwe Vetyeka ternyata pernah melawan petinju Indonesia lainnya, yakni Daud Jordan. Pertandingan berlangsung pada 14 April 2013 di Indoor Tennis Stadium, Jakarta, Indonesia.
Pada pertarungan tersebut, Simpiwe berhasil meraih kemenangan secara TKO dan meraih gelar kelas bulu IBO.

Dikutip dari laman Boxing Africa, karier cemerlangnya di dunia tinju harus terhenti pada tahun 2018. Hal ini dikarenakan dia mengalami kecelakaan di Amalinda Road, London Timur. Pada keberlanjutannya, Simpiwe harus menjalani operasi dan membutuhkan banyak waktu untuk pemulihannya. Sehingga karier tinjunya harus berakhir saat itu juga.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1956 seconds (0.1#10.140)