Generasi Emas Australia Dipuji Usai Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022, Fans Minta Libur Nasional

Kamis, 01 Desember 2022 - 10:43 WIB
loading...
Generasi Emas Australia Dipuji Usai Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022, Fans Minta Libur Nasional
Australia berpesta usai tim nasional sepak bola mereka lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022/Foto/Reuters
A A A
AL WAKRAH - Australia berpesta usai tim nasional sepak bola mereka lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 , Kamis (1/12/2022) dini hari WIB. Masyarakat memuji generasi emas yang dibangun Pelatih Graham Arnold dan fans menuntut hari libur nasional sebagai apresiasi untuk Socceroos.

Menurut laporan Reuters, ribuan orang berkumpul di Fed Square Melbourne menyaksikan kemenangan Australia 1-0 atas Denmark melalui layar lebar. Mereka menari dalam cahaya kembang api saat Socceroos lolos ke babak 16 besar dan akan menghadapi Argentina.

Baca juga: Update! Daftar 10 Tim Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

Pasukan Graham Arnold menyamai timnas Asutralia yang lolos ke babak 16 besar di Piala Dunia 2006 di Jerman. Tapi, skuad saat ini diisi pemain muda yang kemudian dikenal sebagai "generasi emas" Australia.

Tuntutan hari libur nasional pun menggema di media sosial. Para netizen Negeri Kangguru berbondong-bondong meminta libur nasional kepada pemerintah untuk merayakan momen bersejarah itu.

Baca juga: Hasil Polandia vs Argentina: Menang, Lionel Messi dkk Tembus 16 Besar sebagai Juara Grup

Socceroos –julukan Australia- berhasil meraih kemenangan 1-0 atas Denmark dalam laga terakhir Grup D Piala Dunia 2022 di Al Janoub Stadium, Al Wakrah, Qatar. Gol tunggal Mathew Leckie pada menit 60 menjadi penentu kemenangan tim besutan Graham Arnold itu.

Hasil tersebut membuat Aaron Mooy dan kolega melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Mereka mengamankan posisi runner up Grup D dengan koleksi enam poin, di bawah Prancis, yang hanya unggul selisih gol saja dari mereka usai dikalahkan Tunisia 0-1 pada laga terakhir.

Dengan begitu, ini menjadi kali pertama bagi Australia bisa lolos ke fase gugur Piala Dunia dalam 16 tahun ke belakang. Kali terakhir mereka mencatatkan hasil yang sama adalah pada edisi 2006 lalu di Jerman.

Prestasi gemilang tersebut pun disambut meriah oleh warga Australia. Dalam beberapa klip video yang tersebar di media sosial, mereka beramai-ramai merayakan kesuksesan tersebut di jalan-jalan kota meski waktu sudah menjelang subuh di sana.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3004 seconds (11.252#12.26)