Gol Jepang ke Gawang Spanyol Jadi Kontroversi Piala Dunia 2022, Begini Kata Hajime Moriyasu

Jum'at, 02 Desember 2022 - 10:06 WIB
loading...
Gol Jepang ke Gawang Spanyol Jadi Kontroversi Piala Dunia 2022, Begini Kata Hajime Moriyasu
Gol Jepang ke Gawang Spanyol Jadi Kontroversi Piala Dunia 2022, Begini Kata Hajime Moriyasu. Foto: REUTERS/Issei Kato
A A A
DOHA - Timnas Jepang berhasil mengalahkan Spanyol di matchday terakhir fase grup Piala Dunia 2022 . Salah satu dari gol Samurai Biru (Jepang) dianggap kontroversi karena bola diyakini sudah lebih dulu keluar.

Bermain di Khalifa International Stadium, Doha, Jumat (2/12/2022), Timnas Jepang berhasil mengalahkan Spanyol dengan skor 2-1. Spanyol lebih dulu memimpin berkat gol Alvaro Morata di menit ke-11, kemudian Jepang membalasnya melalui gol Ritsu Doan (48') dan Ao Tanaka (51').



Gol Ao Tanaka ini yang dianggap kontroversial. Pasalnya, bola yang ditendang oleh Kaori Mitoma saat mengirimkan assist pada Tanaka terlihat sudah melewati garis di sebelah gawang. Bahkan, pada awalnya wasit menganulir gol tersebut.

Akan tetapi, setelah cukup lama meninjau ulang lewat tayangan VAR, wasit mengubah keputusan dan akhirnya mengesahkan gol tersebut. Moriyasu pun sepakat dengan keputusan tersebut karena menurutnya itu sudah diputuskan lewat teknologi yang hebat, yakni VAR.

"Kami hanya bermain untuk menang. Kami pikir intensitas kami terwujud sebagai sebuah gol,” kata Moriyasu dilansir dari RTE Sports, Jumat (2/12/2022).

"Apakah bola keluar atau tidak, ada teknologi hebat saat ini untuk (pertandingan) sepak bola besar. Jika itu benar-benar keluar, itu akan menjadi tendangan gawang, tapi keputusan wasit yang membuat itu masuk,” tambahnya.

"Kami menghormati keputusan itu, tetapi kami juga bersedia untuk menerimanya dengan cara apa pun, jika itu tak jadi gol. Tapi, keputusan terakhir telah dibuat,” tuturnya.

Kemenangan itu membuat Jepang melenggang ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai juara Grup E dengan koleksi enam poin. Selanjutnya mereka bakal berjumpa dengan runner-up Grup F, Kroasia pada Senin (5/12/2022) pukul 22.00 WIB.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2793 seconds (0.1#10.140)