Profil Ao Tanaka, Pencetak Gol Kontroversial Timnas Jepang ke Gawang Spanyol

Jum'at, 02 Desember 2022 - 13:01 WIB
loading...
Profil Ao Tanaka, Pencetak Gol Kontroversial Timnas Jepang ke Gawang Spanyol
Profil Ao Tanaka, Pencetak Gol Kontroversial Timnas Jepang ke Gawang Spanyol. Foto: Reuters
A A A
DOHA - Profil Ao Tanaka yang mencetak gol kontroversial Timnas Jepang ke gawang Spanyol ada di artikel ini. Melalui aksinya, Jepang berhasil mengalahkan Spanyol dengan skor 2-1 sekaligus mengubur mimpi Jerman di Piala Dunia 2022.

Jepang berhasil menang 2-1 atas Spanyol di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB. Di laga itu Spanyol lebih dulu mencetak gol melalui Alvaro Morata di menit ke-11.

Baca Juga: Gol Jepang ke Gawang Spanyol Jadi Kontroversi Piala Dunia 2022

Namun, Timnas Jepang berhasil menyamakan kedudukan melalui gol Ritsu Doan pada menit ke 48. Kemudian di menit ke-51, Jepang berbalik memimpin melalui gol Ao Tanaka.

Gol yang dicetak Ao Tanaka dianggap kontroversial oleh sebagian orang. Di media sosial, netizen beranggapan bahwa bola umpan dari Kaoru Mitoma telah meninggalkan lapangan pertandingan sebelum akhirnya dikonversi menjadi gol oleh Ao Tanaka.

Apabila dilihat dari sisi kamera, bola memang telah meninggalkan lapangan yang seharusnya berujung goal kick. Namun, wasit dengan segala perangkat teknologi yang ada memutuskan untuk mengesahkan gol tersebut.

Nama Ao Tanaka di kubu Jepang memanglah tak begitu mentereng macam Takehiro Tomiyasu atau Takumi Minamino. Namun, pemain ini juga tak bisa dianggap remeh meskipun hanya bermain di divisi kedua liga Jerman.

Ao Tanakan saat ini tengah memperkuat Fortuna Düsseldorf, setelah sebelumnya sempat memperkuat Kawasaki Front. Pemain yang lahir pada 10 September 1998 ini sebenarnya telah bermain untuk F Düsseldorf sejak 1 Juli 2021 lalu, namun hanya berstatus sebagai pinjaman.

Pria yang berposisi sebagai gelandang tengah tersebut mengakhiri masa pinjamannya dan harus kembali ke Kawasaki Front pada 30 Juni 2022. Mengingat permainan apiknya, F Düsseldorf tertarik untuk memboyong pemain kelahiran Kawasaki itu ke Jerman pada 21 Juli 2022 kemarin.

Selama memperkuat F Düsseldorf, Ao Tanaka telah mencetak 1 gol dan 3 assist selama 17 kali penampilannya. Menariknya sepanjang Piala Dunia 2022 ini, ketika Ao Tanaka dipasang menjadi pemain utama Jepang selalu memetik kemenangan.

Dirinya sempat dicadangkan kala Jepang menelan kekalahan atas Kosta Rika pada match ke 2 fase grup E. Namun jalan Negeri Sakura masihlah panjang, prestasi terbaik Jepang sepanjang sejarah piala dunia hanya mampu lolos 16 besar dan tidak bisa lebih dari itu.

Mampukah Jepang tahun ini melenggang lebih jauh? Patut dinantikan kejutan kejutan yang akan dihadirkan berikutnya.
(sto)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1920 seconds (11.252#12.26)