Suporter Tumpah Ruah ke Jalan Kota Tokyo usai Jepang Libas Spanyol di Piala Dunia

Jum'at, 02 Desember 2022 - 14:00 WIB
loading...
Suporter Tumpah Ruah ke Jalan Kota Tokyo usai Jepang Libas Spanyol di Piala Dunia
Suporter Turun ke Jalan Kota Tokyo usai Timnas Jepang Libas Spanyol di Piala Dunia. Foto: Reuters
A A A
TOKYO - Air mata dan sorak sorai bahagia tumpah di Tokyo setelah Jepang menyikat Spanyol 2-1 di laga terakhir Grup E Piala Dunia 2022 . Kerumunan penggemar memadati jalanan di kota itu, dan merayakan kemenangan bersama-sama.

Sebagaimana diketahui, Timnas Jepang dipastikan melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Hebatnya, mereka lolos sebagai juara grup setelah mengoleksi enam poin, dan hanya menelan satu kekalahan.



Hebatnya lagi, dua kemenangan diraih dari dua tim raksasa, yakni Jerman dan Spanyol. Samurai Biru -julukan Timnas Jepang- meraih skor serupa saat mengalahkan dua raksasa itu, yakni 2-1. Kemenangan atas Spanyol diraih pada laga terakhir, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB.

Kemenangan yang mengunci tiket ke babak 16 besar itu sangat dinanti oleh publik Jepang. Mereka memadati jalanan di Tokyo, memenuhi area tontonan publik, dan mengalir ke persimpangan Shibuya setelah Jepang dipastikan menang.

Dalam momen itu, para penggemar terlihat menangis dan bersorak sorai bersama-sama merayakan kemenangan. Dalam cuaca dingin menjelang fajar, mereka menumpahkan air mata bahagia di jalan-jalan kota Tokyo, Jepang.

"Aku tidak pernah mengira Jepang akan maju sebagai juara pertama di grup. Terima kasih Jepang! Aku cinta kalian!,” kata Yusei Sato, salah seorang penggemar, dikutip Reuters, Jumat (2/12/2022).

“Aku sangat senang. Sejujurnya, saya tidak pernah mengira Jepang akan melakukan ini dengan baik. Saya sangat senang,” timpal Takuya Kudo, yang berbicara sambil menangis bahagia.

Para penggemar pun mengajak sejumlah komuter -sebutan untuk orang yang menggunakan kereta komuter- untuk merayakan kemenangan bersama. Mereka mengajak ‘tos’ para pekerja yang kebetulan lewat, untuk menuju Stasiun Shibuya.

Kemenangan bersejarah ini juga sampai ke telinga Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida. Pemerintah yang biasanya ‘cuek’ langsung menelepon pelatih Timnas Jepang, Hajime Moriyasu, dan memberikan semangat untuknya.

"Saya memberi tahu mereka bahwa mereka memberikan keberanian dan energi kepada orang Jepang. Kami menantikan babak 16 besar. Berjuanglah, Jepang!,” seru Kishida.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1118 seconds (0.1#10.140)