Daftar Lengkap 16 Tim Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

Sabtu, 03 Desember 2022 - 06:31 WIB
loading...
A A A
Nasib Korea Selatan ditentukan pada laga terakhir penyisihan Grup H versus Portugal yang berlangsung di Education City Stadium, Ar-Rayyan. Skor imbang 1-1 bertahan hingga menit 90, fans Korea Selatan pun harap-harap cemas, khawatir tim kebanggaannya pulang lebih awal dari Qatar.

Son Heung-min kemudian datang sebagai pahlawan. Pemain berusia 30 tahun itu menjadi aktor terciptanya gol menit akhir Korea Selatan ke gawang Portugal di menit 91.

Dalam kondisi dikerubungi beberapa pemain belakang Portugal, Son Heung-min memberikan umpan terobosan yang begitu ciamik. Umpan terobosannya itu bahkan berhasil mempecundangi Diogo Dalot.

Ya, umpan terobosan Son Heung-min melewati kolong kaki pemain Manchester United tersebut. Umpan tersebut langsung diselesaikan dengan manis oleh Hwang Hee-chan menjadi gol.

Usai laga, tangis Son Heung-min pun pecah. Dirinya nampak terbaring lunglai di lapangan, seolah tak percaya pengorbanannya selama ini terbayar lunas.

Publik tentu lebih menyorot Hwang Hee-chan yang mencetak gol pada laga itu. Namun pengorbanan dan kontribusi Son Heung-min perlu diberikan apresiasi khusus.

Korea Selatan finis sebagai runner-up Grup H, mengantongi perolehan empat poin dan nol selisih gol, hasil yang sama dengan yang diperoleh Uruguay. Namun tim berjuluk Taeguk Warriors yang berhak melaju ke babak gugur, sebab unggul jumlah memasukkan gol.

Dari Grup G, Brasil yang dikalahkan Kamerun tetap lolos ke babak 16 besar sebagai pemuncak kalsemen. Swiss menemani Brasil setelah menang 3-2 atas Serbia.

Pada hasil-hasil sebelumnya, dari penyisihan Grup C dan D, Timnas Australia memesan tiket 16 besar usai mengalahkan Denmark 1-0 pada laga terakhir Grup D. The Socceroos -julukan Timnas Australia- menemani Prancis yang sudah memastikan lolos sebelumnya.

Sedangkan di Grup C, Argentina lolos sebagai juara grup usai mengalahkan Polandia 2-0 di Stadion 974. Polandia meski kalah tapi tetap lolos menjadi runner-up. Polandia dan Meksiko (peringkat 3) sama-sama mengemas 4 poin, namun Polandia lebih unggul selisih gol memasukkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2239 seconds (0.1#10.140)