FIFA Rilis Foto Bola di Garis Lapangan yang Mengesahkan Gol Jepang

Sabtu, 03 Desember 2022 - 07:02 WIB
loading...
FIFA Rilis Foto Bola di Garis Lapangan yang Mengesahkan Gol Jepang
FIFA Rilis Foto Bola di Garis Lapangan yang Mengesahkan Gol Jepang/The Sun
A A A
FIFA merilis video resmi yang mengonfirmasi posisi bola masih di garis lapangan permainan sekaligus mengesahkan gol kemenangan Jepang atas Spanyol. Kontroversi posisi bola di dalam atau di luar garis lapangan mencuat setelah Kaoru Mitoma yang mengirim umpan yang diselesaikan Ao Tanaka menjadi gol penentu kemenangan Jepang.

Gol kontroversial Jepang itu membuat Jerman tersingkir menyakitkan meskipun di laga Grup E lain menang 4-2 atas Kosta Rika. Penggemar Die Mannschaft menjadi geram setelah gol kontroversial itu membuat mereka berkemas pulang.

Baca Juga: Edinson Cavani Ngamuk Rusak Monitor VAR usai Uruguay Tersingkir

Sehari setelah insiden menggegerkan tersebut, FIFA mengeluarkan rilis resmi yang berbunyi: "Gol kedua Jepang saat kemenangan 2-1 atas Spanyol diperiksa oleh VAR untuk menentukan apakah bola telah keluar dari permainan.''

"Video ofisial pertandingan menggunakan gambar kamera garis gawang untuk memeriksa apakah bola masih sebagian berada di garis atau tidak."

"Kamera lain mungkin memberikan gambar yang menyesatkan tetapi berdasarkan bukti yang tersedia, keseluruhan bola tidak keluar dari permainan."

La Roja telah memimpin melalui Alvaro Morata dan tampaknya melaju ke babak 16 besar bersama Jerman saat mereka memimpin Kosta Rika di pertandingan Grup E lainnya. Namun, Jepang melakukan comeback yang menakjubkan setelah jeda saat serangan kuat Ritsu Doan membuat mereka menyamakan kedudukan.

Kemudian Ao Tanaka mengubah skor dan tim di atas kepalanya untuk membuat timnya unggul dengan cara yang luar biasa. Umpan silang Kaoru Mitoma yang mengarah ke gawangnya terlihat dari beberapa sudut telah melewati garis, yang akan menyebabkannya dianulir dan tendangan gawang diberikan.

Ofisial di lapangan awalnya memutuskan bahwa permainan telah dihentikan sebelum Tanaka mencetak gol, tetapi VAR mengoreksi keputusan tersebut. Teknologi tersebut membuktikan bahwa bola tetap berada hanya beberapa milimeter sebelum Kaoru Mitoma menghentikan meskipun belum ada bukti yang jelas tentang bagaimana mereka mendapat keputusan tersebut.

Baca Juga: Gol Injury Time Keramat bagi Korea Selatan

Gambar tampaknya menunjukkan bahwa bola keluar dan ada beberapa pemain yang mempertanyakan wasit setelah dia awalnya tidak mengizinkannya. Jepang bertahan untuk meraih kemenangan 2-1 dan merebut posisi teratas di grup, yang berarti Jerman, yang mengalahkan Kosta Rika 4-2, tersingkir saat Spanyol mempertahankan posisi kedua melalui selisih gol.

Fans menghabiskan 24 jam berikutnya berdebat apakah bola memang melewati garis atau tidak. Cuplikan terbaru FIFA mungkin meyakinkan beberapa orang. Penggemar Inggris merasa keputusan itu sama dengan kejadian 12 tahun.

Gelandang Timnas Inggris Frank Lampard gagal menyamakan kedudukan melawan Jerman pada tahun 2010 ketika tembakannya membentur mistar tetapi berputar ke belakang dan tidak diberikan sebagai gol - meskipun jauh di atas garis.
(aww)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2672 seconds (11.97#12.26)