5 Momen Sedih Timnas Indonesia Spesialis Runner-Up Piala AFF

Rabu, 07 Desember 2022 - 19:29 WIB
loading...
5 Momen Sedih Timnas Indonesia Spesialis Runner-Up Piala AFF
Timnas Indonesia berfoto bersama usai final Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Sabtu (1/1/2022). ANTARA FOTO/Flona Hakim/app/hp.
A A A
JAKARTA - Timnas Indonesia akan kembali berlaga dalam gelaran Piala AFF 2022 pada 20 Desember 2022 sampai 16 Januari 2023. Selama tampil di ajang tersebut, Timnas Indonesia selalu gagal juara.

Tahun ini tentunya menjadi harapan baru bagi Indonesia agar bisa menjadi juara, setelah sebelumnya hanya puas di posisi kedua alias runner up. Sudah enam edisi Skuad Garuda selalu jadi yang kedua.

Berikut adalah momen-momen menyedihkan Timnas Indonesia saat jadi Runner up, dari masa ke masa.

1. Selalu Gagal Angkat Trofi

Sampai detik ini, Indonesia belum sekalipun mencicipi juara dan mengangkat trofi Piala AFF, sejak pertama kali mengikuti turnamen di tahun 1996. Menurut data yang dikumpulkan Tim Litbang MPI, Indonesia sudah 6 kali berlaga di partai puncak, namun selalu mengalami kekalahan.

Pertama, Indonesia menantang Thailand di final Piala AFF 2000, namun harus kalah dengan skor 1-4. Selanjutnya, Indonesia kembali berhadapan dengan Thailand dalam Piala AFF 2002, Indonesia kembali berhadapan dengan Thailand dan harus kalah dengan agregat 2-4.

Bahkan, Indonesia pernah takluk dari Malaysia dengan agregat gol 2-4 dalam final Piala AFF 2008. Secara keseluruhan, empat kali Indonesia menelan kekalahan dari Thailand, satu kali dari Malaysia, dan satu kali dari Singapura.

2. Tangguh di Fase Grup, Indonesia Takluk di Partai Final AFF 2004

Dalam Piala AFF 2004, Indonesia tampil sangat baik. Indonesia tergabung di grup A dengan Vietnam, Kamboja, Singapura, dan Laos. Di awal-awal masa pertandingan, skuad Garuda berhasil memetik 3 kemenangan (dari 4 laga) dan 1 pertandingan lainnya berakhir seri. Anak-anak asuhan Peter White itu lolos sebagai juara grup dan mengoleksi 10 poin.

Di babak semifinal, Indonesia berhasil menaklukkan Malaysia dengan agregat gol 5-3. Sayangnya, kemulusan perjalanan Indonesia di babak-babak terdahulu tidak diimbangi dengan penampilannya di babak final. Sebab, momen sedih kembali terjadi karena Indonesia dikalahkan Thailand di partai final.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3991 seconds (0.1#10.140)