Singkirkan Brasil dalam Drama Adu Penalti, Kroasia Samai Rekor Jerman di Piala Dunia

Sabtu, 10 Desember 2022 - 02:32 WIB
loading...
Singkirkan Brasil dalam Drama Adu Penalti, Kroasia Samai Rekor Jerman di Piala Dunia
Keberhasilan Timnas Kroasia menyingkirkan Brasil melalui drama adu penalti di laga perempat final membuat Vatreni menyamai rekor kemenangan milik Jerman pada babak adu tos-tosan dalam sejarah Piala Dunia / Foto: Twitter FIFA World Cup (@FIFAWorldCup)
A A A
AR RAYYAN - Timnas Kroasia sukses menyingkirkan Timnas Brasil lewat drama adu penalti 4-2 setelah bermain imbang 1-1 pada laga perempat final Piala Dunia 2022 . Keberhasilan itu membuat Vatreni sukses menyamai rekor kemenangan milik Jerman pada babak adu tos-tosan dalam sejarah Piala Dunia.

Secara mengejutkan, Kroasia mampu membuat Brasil angkat koper lebih dulu dari Qatar berkat kemenangan lewat adu penalti. Pertandingan yang penuh drama itu digelar di Education City Stadium, Ar Rayyan, Jumat (9/12/2022) pukul 22.00 WIB.

Pada laga tersebut, Kroasia dan Tim Samba-julukan Timnas Brasil- awalnya sama-sama masih kesulitan untuk mencetak gol di waktu normal dan harus melanjutkan pertandingan ke babak tambahan waktu. Di babak tambahan waktu, Brasil membuka keran golnya lewat gol ciamik lewat Neymar Junior (105+1') usai mendapat assist dari Lucas Paqueta.



Namun tak dapat dimungkiri, Kroasia mampu membalasnya secara kontan lewat gol Bruno Petkovic (116'). Sepakan keras kaki kirinya itu membentur (diplek) salah satu pemain bertahan Brasil. Alhasil, bola menghujam gawang Alisson Becker dengan deras.

Kemudian, laga berlanjut lewat babak adu penalti. Keempat penendang Vatreni yakni Nikola Vlasic, Lovro Majer, Luka Modric, Mislav Oršić sukses menjalankan tugasnya dengan sempurna. Sementara itu, dua penendang Brasil yakni Rodrygo Goes dan Marquinhos gagal mengeksekusi dengan maksimal.

Alhasil, Kroasia memenangkan adu tos-tosan itu dengan skor 4-2 (agregat 5-3). Berkat kemenangan itu, tim asuhan Zlatko Dalic tersebut berhak memastikan tiket ke semifinal melawan pemenang antara Belanda vs Argentina.



Menariknya, kemenangan adu penalti Kroasia berhasil mencatatkan sejarah. Menurut laporan dari Squawka, Vatreni tak terkalahkan di babak adu penalti sepanjang sejarahnya di Piala Dunia.

Dari empat adu penalti yang dijalankan Kroasia, keempat-empatnya sukses meraih kemenangan. Bahkan, Vatreni sukses menyamai rekor adu penalti milik Jerman.

Dalam sejarahnya, adu penalti terbanyak yang dimenangkan dalam Piala Dunia yakni dipegang oleh Jerman sebanyak empat kali penalti dan empat kali menang. Rekor yang sama ditorehkan oleh Kroasia baru-baru ini. Sementara itu tempat ketiga, Argentina juga memenangkan empat adu penalti dari lima kali penalti, namun satu kali kalah.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1895 seconds (0.1#10.140)