Jelang Piala AFF 2022: Vietnam Kalahkan Borussia Dortmund, Indonesia dan Brunei Tak Gelar Uji Coba Internasional

Minggu, 11 Desember 2022 - 11:02 WIB
loading...
Jelang Piala AFF 2022: Vietnam Kalahkan Borussia Dortmund, Indonesia dan Brunei Tak Gelar Uji Coba Internasional
Timnas Indonesia belum melakukan uji coba internasional jelang Piala AFF 2022/Foto/PSSI
A A A
BALI - Timnas Indonesia belum melakukan uji coba internasional jelang Piala AFF 2022 . Liga 1 yang sempat terhenti sebagai dampak Tragedi Kanjuruhan, membuat timnas Merah Putih hanya punya sedikit waktu untuk try out.

Piala AFF 2022 digelar pada 20 Desember 2022-16 Januari 2023 dengan sistem home and away. Skuad Garuda tergabung di Grup A bersama Brunei Darussalam, Kamboja, Filipina, dan Thailand. Sementara di Grup B ada Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, dan Vietnam.



Sejauh ini, sebanyak 10 negara Asia Tenggara itu telah melakukan persiapan masing-masing jelang Piala AFF 2022. Dari jumlah itu, hanya Timnas Indonesia dan Brunei Darussalam yang tak gelar laga uji coba internasional.

Selain Brunei dan Indonesia, 10 tim sudah melakukan uji coba dengan lawan yang setara bahkan jauh di atasnya. Mulai dari Thailand, berdasarkan akun @theaseanfootball mereka diagendakan melawan Timnas Myanmar pada Minggu 11 Desember dan Taiwan pada Rabu 14 Desember.

Baca juga: Argentina ke Semifinal usai Menang Adu Penalti Lawan Belanda


Kemudian Timnas Filipina telah menjalani uji coba melawan Taiwan pada 8 September lalu dan kalah 0-3. Kemudian mereka akan melawan Timnas Vietnam pada 14 Desember 2022.

Sementara Kamboja telah menjalani uji coba melawan Malaysia pada 9 Desember lalu. Laga yang berlangsung di Bukit Jalil Stadium itu berakhir dengan skor 4-0 untuk kemenangan Malaysia.

Selain melawan Kamboja, Timnas Malaysia juga mengagendakan melawan Maladewa pada 14 Desember mendatang. Rangkaian uji coba juga dijalani peserta grup B lainnya.

Rival terberat Indonesia, Vietnam bukan hanya mengagendakan lawan Filipina. Mereka bahkan sudah melawan klub besar Liga Jerman Borussia Dortmund pada 14 Desember lalu. Hebatnya, mereka bisa menang dengan skor 2-1.

Ada juga uji coba yang dilakukan Timnas Laos yakni menggelar dua laga melawan Timnas Thailand U-23 pada pertengahan Desember. Sementara Timnas Singapura direncanakan bakal menghadapi klub Jepang sembari pemusatan latihan di sana.

Sebelumnya, Pelatih Indonesia Shin Tae-yong memaparkan alasan mengapa tidak melakukan uji coba. Salah satunya karena waktunya tidak memungkinkan seiring liga di Indonesia mulai bergulir lagi.

(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1845 seconds (0.1#10.140)