Piala Dunia 2022 Makin Aman Tanpa Minuman Keras

Senin, 12 Desember 2022 - 04:00 WIB
loading...
Piala Dunia 2022 Makin Aman Tanpa Minuman Keras
Larangan mengkonsumi minuman keras di stadioan selama menyaksikan pertandingan membuat Piala Dunia 2022 jadi aman, khususnya untuk kaum wanita. Foto: Abdul Haris/MPI
A A A
DOHA - Piala Dunia 2022 tanpa alkohol awalnya diributkan. Namun, memasuki semifinal, kebijakan itu malah mendapat pujian dari berbagai suporter negara asing yang umumnya terbiasa mengonsumsi minuman keras.



Sebelum turnamen sepak bola empat tahunan itu digelar, FIFA menegaskan larangan minuman beralkohol di sekitaran stadion. Kebijakan ini untuk menghormati masyarakat Qatar yang mayoritas Muslim.

Awalnya, kebijakan itu menuai banyak kritik. Sebab, sepak bola dan alkohol ibarat saudara kandung yang sulit dipisahkan.

Namun, dalam perjalanannya, ketiadaan alkohol di sekitaran stadion justru membuat Piala Dunia 2022 menjadi jauh lebih aman dan nyaman.

Hampir sebulan ajang ini berjalan tak ada kasus kriminal atau kerusuhan yang terjadi. Semua berjalan normal dan lancar.

Kondisi ini memungkinkan setiap keluarga datang bersama anak-anak dan orang tua mereka. Banyak terlihat di setiap pertandingan, orang tua datang sambil membawa anak balitanya. Tak ada rasa takut atau cemas.

“Saya rasa tanpa alkohol bukan masalah. Justru dengan tidak ada alkohol di sekitaran stadion membuat kami para wanita menjadi tak takut datang ke stadion. Sangat aman dan nyaman sekali,” tutur Agustina, suporter wanita asal Argentina, kepada MNC Portal Indonesia.

Komentar Agustina didukung fans dari negara lain. Suporter Belanda bernama Johanes menyebut ketiadaan alkohol menghilangkan potensi kerusuhan antarsuporter.



“Potensi kerusuhan antarsuporter menjadi minimal. Karena biasanya bentrokan antarsuporter itu karena pengaruh alkohol. Sekarang tidak ada. Menang atau kalah, semua bernyanyi dan berbahagia bersama. Inilah pesta sesungguhnya,” ujar Johanes.

(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1246 seconds (0.1#10.140)