Kiper Argentina Terancam Dilarang Main gara-gara Kecam Wasit Terburuk di Dunia

Senin, 12 Desember 2022 - 06:17 WIB
loading...
Kiper Argentina Terancam Dilarang Main gara-gara Kecam Wasit Terburuk di Dunia
Kiper Argentina Terancam Dilarang Main gara-gara Kecam Wasit Terburuk di Dunia/The Sun
A A A
Kiper Emiliano Martinez terancam dilarang tampil membela Argentina melawan Kroasia di semifinal Piala Dunia 2022. Martinez yang menjadi pahlawan saat menyingkirkan Belanda di perempat final terancam absen di semifinal karena mengecam wasit terburuk di dunia terhadap wasit Spanyol, Antonio Mateu Lahoz.



Kiper Aston Villa itu kehilangan ketenangannya dengan kepemimpinan Lahoz meski melakukan adu penalti dengan heroik. Martinez berkata: ''Wasit memberikan segalanya untuk mereka. Semuanya terbalik. Dia memberi waktu tambahan 10 menit tanpa alasan. Dia hanya ingin mereka mencetak gol. Wasit itu gila. Arogan.''

''Anda mengatakan sesuatu padanya dan dia berbicara kembali kepada Anda. Ini gila.

''Karena Spanyol tersingkir, dia ingin menyingkirkan kami.

''Dia adalah wasit terburuk di Piala Dunia. Mudah-mudahan kita tidak akan memilikinya lagi - dia tidak berguna.”

Komentar-komentar itu tampaknya pasti akan membawa teguran dan berpotensi hukuman dan larangan bagi Martinez, berpotensi membuatnya absen dari semifinal melawan Kroasia. Komite disiplin FIFA mengonfirmasi telah meluncurkan penyelidikan setelah mempelajari laporan pertandingan wasit.

''Komite Disiplin FIFA telah membuka proses terhadap Asosiasi Sepak Bola Argentina karena potensi pelanggaran pasal 12 (Pelanggaran pemain dan ofisial) dan 16 (Ketertiban dan keamanan di pertandingan) dari Kode Disiplin FIFA.''

''Selain itu, Komite Disiplin FIFA telah membuka proses terhadap Asosiasi Sepak Bola Belanda karena potensi pelanggaran pasal 12 Kode Disiplin FIFA sehubungan dengan pertandingan yang sama.”



Diyakini ada perasaan bahwa pertandingan merosot menjadi tidak terkendali bagi ofisial mana pun bahkan jika mungkin ada kekhawatiran atas permainan dan manajemen wasit Spanyol itu. Lahoz mengeluarkan 18 kartu kuning untuk para pemain - dengan pemain Belanda Denzel Dumfries mendapat kartu kuning kedua dan hasilnya merah setelah adu penalti berakhir - dan setidaknya dua untuk anggota tim cadangan.

Jumlah kartu melebihi rekor Piala Dunia sebelumnya yaitu 16, yang dipegang bersama oleh Jerman melawan Kamerun pada tahun 1998 dan bentrokan sengit antara Portugal dengan Belanda pada tahun 2006. Itu akan mengarah pada sanksi terhadap kedua negara meskipun kemungkinan hanya menghasilkan denda yang berat.

Martinez berada dalam bahaya yang lebih besar tetapi diperkirakan tidak akan ada tindakan lanjutan terhadap Lionel Messi meskipun ada kritik publik yang kuat terhadap ofisial tersebut.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1486 seconds (0.1#10.140)