Format 32 Tim Piala Dunia Antarklub 2025 Picu Masalah dengan Klub

Kamis, 15 Desember 2022 - 12:31 WIB
loading...
Format 32 Tim Piala Dunia Antarklub 2025 Picu Masalah dengan Klub
Format 32 Tim Piala Dunia Antarklub 2025 Picu Masalah dengan Klub/The Sun
A A A
Format baru Piala Dunia Antarklub yang akan diikuti 32 tim pada musim 2025 memicu masalah baru dengan klub-klub. Ini berarti turnamen klub yang dikelola FIFA akan berukuran lebih dari empat kali lipat dari format saat ini dengan tujuh tim.

Perubahan besar akan mulai berlaku mulai tahun 2025, seperti yang diungkapkan oleh presiden FIFA Gianni Infantino. FIFA awalnya ingin meningkatkan jumlah peserta Piala Dunia Antarklub dari tujuh tim menjadi 24 untuk China pada 2021 - sebelum pandemi melanda.



Format baru turnamen 32 tim akan berlangsung setiap empat tahun dengan jeda internasional yang diperpanjang yang menggabungkan slot September dan Oktober saat ini untuk memfasilitasi perubahan tersebut. Tidak jelas pada tahap ini bagaimana 32 tim akan terdiri - saat ini setiap benua mengirimkan satu tim dengan juara liga negara tuan rumah membentuk tujuh tim.

Chelsea memenangkan versi 2021-22 sebagai juara bertahan Liga Champions, mengalahkan juara Copa Libertadores Palmeiras di final Februari. Klub-klub Eropa dan Amerika Selatan bergabung di semifinal dengan tim-tim dari konfederasi lain di Afrika, Asia, Oseania, dan Amerika Utara, Tengah, dan Karibia serta juara liga negara tuan rumah yang bergabung lebih awal.

Real Madrid akan menjadi wakil Eropa pada edisi 2022-23 setelah kemenangan mereka atas Liverpool di Paris pada bulan Mei. Dan Infantino mengonfirmasi bahwa turnamen itu akan diselenggarakan di Maroko, seperti yang terjadi pada 2013 dan 2014.

Piala Dunia Antarklub diluncurkan pada tahun 2000 dengan Chelsea menjadi tim Inggris ketiga yang memenangkannya setelah Manchester United pada 2008 dan Liverpool pada 2019. Real Madrid adalah tim paling sukses dalam sejarah turnamen dengan empat gelar, satu lebih banyak dari rivalnya Barcelona.



Tim Brasil Corinthians dan Bayern Muenchen masing-masing telah memenangkan dua gelar, sementara 14 dari 15 gelar terakhir telah dimenangkan oleh tim Eropa. Infantino juga menambahkan bahwa Piala Dunia Klub Wanita akan diluncurkan - meskipun tidak ada rincian lebih lanjut yang diberikan pada tahap ini.

Dan FIFA World Series juga akan dimulai, dengan turnamen persahabatan yang berlangsung di tahun genap untuk "meningkatkan kemungkinan bagi tim dari konfederasi yang berbeda untuk bermain satu sama lain".
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1321 seconds (0.1#10.140)