Kisah Wasit Szymon Marciniak: Terkena Tachycardia, Terharu Pimpin Final Piala Dunia

Sabtu, 17 Desember 2022 - 10:50 WIB
loading...
Kisah Wasit Szymon Marciniak: Terkena Tachycardia, Terharu Pimpin Final Piala Dunia
Kisah Wasit Szymon Marciniak: Terkena Tachycardia, Terharu Pimpin Final Piala Dunia/The Sun
A A A
Kisah wasit Szymon Marciniak , wasit final Piala Dunia 2022 yang sempat berhenti menjadi pengadil di lapangan hanya beberapa bulan yang lalu karena terkenaTachycardia di jantungnya. Wasit final Piala Dunia 2022 Szymon Marciniak harus berhenti dari perannya hanya beberapa bulan yang lalu.

Itu setelah dia mengalami masalah menyusul diagnosis kondisi jantung yang mengejutkan. Wasit asal Polandia berusia 41 tahun itu, terharu dipercaya memimpin laga Argentina vs Prancis di final Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Qatar, Minggu 18 Desember 2022.



Szymon Marciniak ditunjuk menjadi wasit final Piala Dunia 2022 setelah dianggap berhasil dalam memimpin laga kedua finalis di babak awal. Marciniak memimpin laga Prancis saat menang 2-1 atas Denmark di grup.

Dia juga memimpin laga Argentina saat menaklukkan Australia 2-1 di babak 16 besar. Tapi dalam final akhir pekan ini merupakan tonggak sejarah yang jauh lebih besar bagi Marciniak.

Tahun lalu ia diberitahu oleh dokter bahwa ia menderita penyakit yang disebut Tachycardia, istilah medis untuk detak jantung lebih dari 100 denyut per menit. Marciniak "merasa sangat buruk" karena ia terpaksa absen dari Euro 2020 di "usia terbaiknya".

Dan dia akhirnya mundur dari wasit sama sekali sebelum mendapatkan lampu hijau untuk Qatar 2022. Marciniak sekarang berada di atas bulan untuk kembali memimpin pertandingan terbesar sepak bola dunia.

Tapi dia tahu dia harus berada di puncak permainannya untuk memastikan pertarungan Lionel Messi dengan sobat Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe, berjalan lancar. Marciniak mengatakan kepada FIFA: "Menjadi wasit di final Piala Dunia... sungguh luar biasa, jujur saja. Saya sangat bangga dengan diri saya dan tim saya karena, tentu saja, ini bukan hanya Szymon Marciniak, ini adalah tim yang hebat.''

"Saya mengalami masa yang sangat sulit selama satu setengah tahun terakhir. Saya menderita Tachycardia - itu adalah penyakit jantung. Pada awalnya, itu sangat sulit bagi saya dan saya harus berhenti menjadi wasit.''

"Saya melewatkan Kejuaraan Eropa UEFA, yang bagi seorang wasit, yang berada di usia terbaik mereka, itu adalah perasaan yang mengerikan. Hanya saya, dan tim saya, yang tahu betapa sulitnya waktu itu bagi saya. Sekarang, hidup memberikan kembali kepada saya dan saya bahkan tidak bisa berhenti tersenyum karena itu adalah perasaan yang luar biasa."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2628 seconds (0.1#10.140)