PB Djarum Dominasi Final Seleksi Nasional PBSI 2022: 4 Wakil Lolos Pelatnas Cipayung

Rabu, 21 Desember 2022 - 21:30 WIB
loading...
PB Djarum Dominasi Final Seleksi Nasional PBSI 2022: 4 Wakil Lolos Pelatnas Cipayung
Jason Christ Alexander dan Chiara Marvella Handoyo juara Seleksi Nasional PBSI 2022 di Pelatnas PBSI, Rabu (21/12/2022)/Foto/PBSI
A A A
JAKARTA - PB Djarum mendominasi hasil final Seleksi Nasional PBSI 2022 di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta, Rabu (21/12/2022). Empat wakil lolos ke Pelatnas Cipayung setelah menjadi juara.

PB Djarum hanya kehilangan wakil di nomor ganda taruna putri setelah Puspa Rosalia Damayanti/Velisha Christina dikalahkan unggulan pertama asal klub PB Jaya Raya, Maulida Aprilia Putri/Meisa Rizka Fitria.



Maulida/Meisa tampil sangat solid dalam laga yang sangat ketat dan dibumbui rally-rally panjang. Mereka bermain penuh semangat dan lebih ngotot untuk menang dengan skor 21-17, 21-19, sekaligus mewujudkan impian besar bergabung ke pelatnas.

"Saya merasa bangga dan senang bisa juara Seleknas. Saya pun awalnya tidak menyangka akan bisa berhasil dan masuk ke pelatnas. Kunci kemenangan kami, bermain konsisten dan nothing to lose. Selalu fokus dan jangan lengah," kata Meisa selepas laga kepada awak media, termasuk MNC Portal Indonesia, Rabu (21/12/2022).



"Alhamdulillah bisa juara sekaligus memberikan kado terbaik untuk orangtua. Impian saya sejak kecil dulu, akhirnya bisa kesampaian juga. Saya kini bisa masuk pelatnas," sambung Maulida.

Sementata itu, di sektor ganda taruna putra, Nikolaus Joaquin/Verrell Yustin Mulia dari PB Djarum berhasil melibas wakil Candra Wijaya Banten, Alif Fajdary/Yordan Alexander Gunawan dengan skor 21-10, 21-16. Alhasil, Joaquin/Verrell pun merebut tiket masuk pelatnas.

"Puji Tuhan bisa menang dan juara Seleknas. Kunci kemenangan kami adalah bermain dengan strategi tepat dan tidak terburu-buru. Tahun lalu, saya gagal. Kini di kesempatan kedua berhasil dan saya pun masuk pelatnas," kata Verrell.

"Motivasi terbesar saya tampil habis-habisan di Seleknas ini adalah ingin membantu Verrell yang tahun ini adalah kesempatan terakhir dia bisa mengikuti seleknas untuk bergabung ke pelatnas. Saya sendiri dari dulu bermimpi agar bisa masuk pelatnas," timpal Joaquin.

Kemudian, di nomor tunggal taruna putra, Jason Christ Alexander dari PB Djarum tampil sebagai juara. Di partai final, dia menggulung unggulan pertama, sekaligus juara Kejurnas 2022 asal PB Jaya Raya, Muhammad Halim As Sidiq, dengan skor 21-15, 21-15.

"Saya main normal saja, justru lawan yang tertekan dan kurang bisa menguasai pertandingan. Lawan juga sepertinya lambat panas. Saya tentu senang dengan kemenangan ini," cakap Jason, yang mengaku mengidolakan Anthony Sinisuka Ginting dan Lin Dan ini.

Selanjutnya, di sektor tunggal putri, Chiara Marvella Handoyo asal PB Djarum juga berhak lolos ke pelatnas. Tiket tersebut didapat setelah Chiara memenangkan perang saudara dengan Aura Ihza Aulia, di laga final dengan skor, 21-15, 21-12.

"Senang juga saya bisa juara karena tahun sebelumnya saya tidak lolos seleknas. Dari awal, saya memang ingin masuk pelatnas biar ke depan bisa tampil di level internasional dan mengembangkan kemampuan saya," jelas Chiara.

Menyangkut kunci kemenangan atas Aura, pengagum Chen Yu Fei ini menyebut dirinya berinisiatif dengan bermain menyerang lebih dulu. "Saya sih, main dengan pola saya sendiri, yaitu menyerang duluan. Kalau tak tembus, coba bertahan dulu. Ternyata strategi saya berhasil," tutur Chiara.

Verrel Yustin, yang sudah meraih gelar di nomor ganda putra, melengkapi kejayaan di Seleknas. Bersama Priskila Venus Elsadai, dia menjuarai ganda campuran. Di laga pamungkas, Verrell/Priskila mengatasi perlawanan rekan sesama PB Djarum, Carlo Syah Gumilar/Aisyah Hanadiya Taisir, dengan skor 21-19, 19-21, 21-17.

"Saya bangga dan puas bisa juara di dua nomor pada Seleknas tahun ini," ujar Verrell.

Secara umum menurut Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky, dari hasil Seleknas ini menunjukkan para pemain sudah berjuang hebat. Dari sisi kemampuan individu, ketrampilannya juga sangat menjanjikan.

"Saya senang, para pemain sudah menunjukkan kemampuan terbaiknya. Secara kemampuan individu juga sangat potensial. Para juara ini memang kita panggil masuk ke pelatnas," ujar Rionny.

Hasil Final Seleksi Nasional PBSI 2022:

Tunggal Taruna Putra
Jason Christ Alexander (PB Djarum) vs Muhammad Halim As Sidiq (Jaya Raya Jakarta), 21-15, 21-15.

Tunggal Taruna Putri
Chiara Marvella Handoyo (PB Djarum) vs Aura Ihza Aulia (PB Djarum), 21-15, 21-12

Ganda Taruna Putra
Nikolaus Joaquin/Verrel Yustin Mulia (PB Djarum) vs Alif Fajdary/Yordan Alexander Gunawan (Daihatsu Yonex Sunrise Candra Wijaya Banten), 21-10, 21-16.

Ganda Taruna Putri
Maulida Aprilia Putri/Meisa Rizka Fitria (Jaya Raya Jakarta) vs Puspa Rosalia Damayanti/Velisha Christina (PB Djarum), 21-17, 21-19.

Ganda Taruna Campuran
Verrell Yustin Mulia/Priskila Venus Elsadai (PB Djarum) vs Carlo Syah Gumilar/Aisyah Hanadiya Taisir (PB Djarum), 21-19, 19-21, 21-17.

(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1117 seconds (0.1#10.140)