Adu Kecerdikan 3 Pelatih Korea Selatan di Piala AFF 2022

Jum'at, 23 Desember 2022 - 21:00 WIB
loading...
Adu Kecerdikan 3 Pelatih Korea Selatan di Piala AFF 2022
Piala AFF 2022 menghadirkan tiga pelatih asal Korea Selatan. Ini menjadi edisi yang sangat menarik untuk melihat seberapa besar pengaruh ahli strategi di kompetisi antarnegara ASEAN tersebut / Foto: Kolase
A A A
JAKARTA - Piala AFF 2022 menghadirkan tiga pelatih asal Korea Selatan. Ini menjadi edisi yang sangat menarik untuk melihat seberapa besar pengaruh ahli strategi di kompetisi antarnegara ASEAN tersebut.

Ketiga pelatih itu adalah Shin Tae-yong (Timnas Indonesia), Park Hang-seo (Vietnam), dan Kim Pan-gon (Malaysia). Mereka mempunyai pengalaman berbeda dalam melatih tim Asia Tenggara.

Pelatih yang lebih dulu mengadu nasib di Asia Tenggara adalah Park Hang-seo yakni di awal 2018 lalu. Hebatnya, bersama skuad Golden Stars Warrior -julukan Timnas Vietnam-, dia langsung menyumbangkan juara Piala AFF di edisi 2018.

BACA JUGA: Timnas Indonesia Kalahkan Kamboja di Piala AFF 2022, Hary Tanoesoedibjo: Awal yang Baik, Semoga Juara!

Bukan hanya itu, Park Hang-seo juga mengantarkan Vietnam bersaing lebih jauh di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Tak aneh dari prestasi itu membuat Vietnam menembus peringkat 100 besar FIFA.

Sayangnya, kebersamaan pelatih berusia 65 tahun itu dengan Vietnam akan berakhir. Piala AFF 2022 pun menjadi ajang terakhirnya bersama Nguyen Quang Hai dkk.

Popularitas Park Hang-seo di Asia Tenggara membuat Shin Tae-yong tertarik menangani Timnas Indonesia. Pelatih berusia 52 tahun itu resmi menjadi pelatih skuad Garuda pada akhir 2019.

BACA JUGA: Shin Tae-yong Marah Timnas Indonesia Cuma Menang Tipis

Di tahun pertamanya, eks pelatih Timnas Korea Selatan ini sempat terseok-seok. Tapi dia dalam debutnya di Piala AFF 2020, langsung membawa Skuad Garuda menembus partai final.

Sayangnya di partai itu, mereka tumbang dari Thailand dengan skor agregat 2-6. Shin Tae-yong pun menghasilkan perkembangan yang signifikan untuk Timnas Garuda dari segi ranking FIFA. Bagaimana tidak, dalam tiga tahun, Indonesia yang tadinya peringkat 173 dunia, kini menjadi 151 dunia, artinya naik 22 peringkat.

Pelatih Korsel terakhir yang mengadu nasib di Asia Tenggara adalah Kim Pan-gon. Piala AFF 2022 merupakan ujian pertamanya sejak bergabung dengan Timnas Malaysia pada Januari 2022 lalu.

Menariknya, Kim Pan-gon langsung menorehkan prestasi bagi skuad Harimau Malaya. Pelatih 53 tahun itu berhasil membawa Malaysia lolos ke Piala Asia sejak terakhir kali memperolehnya pada 2007. Tidak menutup kemungkinan, tim negeri Jiran kembali menjuarai Piala AFF setelah berpuasa selama 12 tahun.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1358 seconds (0.1#10.140)