Aksi Suporter Indonesia Punguti Sampah di Stadion GBK usai Skuad Garuda Kalahkan Kamboja

Sabtu, 24 Desember 2022 - 15:00 WIB
loading...
Aksi Suporter Indonesia Punguti Sampah di Stadion GBK usai Skuad Garuda Kalahkan Kamboja
Aksi terpuji diperlihatkan relawan dari kalangan suporter kala Timnas Indonesia melawan Kamboja di laga Grup A Piala AFF 2022. Foto: Ilham Sigit/MPI
A A A
JAKARTA - Aksi terpuji diperlihatkan relawan dari kalangan suporter kala Timnas Indonesia melawan Kamboja di laga Grup A Piala AFF 2022. Mereka yang tergabung dalam kelompok Spectators Service and Safety Marshall ini membersihkan sampah di tribun Stadion Gelora Bung Karno (GBK) usai laga.



Berbicara soal suporter, tidak semuanya hanya sekedar datang ke stadion untuk memberi dukungan. Ada juga diantara mereka yang memberikan kontribusi lebih.

Salah satunya ketika Indonesia mengalahkan Kamboja 2-1 di laga Grup A Piala AFF 2022, Jumat, (23/12/2022). Ada sejumlah suporter yang ikut menyukseskan pertandingan.

Para suporter yang menjadi relawan itu tergabung dalam kelompok Spectators Service and Safety Marshall. Tugas mereka serupa dengan steward

Bedanya, jika steward berada di lapangan, mereka hanya bertugas di tribun dan pintu masuk. Mereka lebih banyak berinteraksi dengan suporter lainnya.

Mereka bertugas mengingatkan suporter lain untuk tidak merokok, menunjukkan letak toilet. Lalu, membantu arah evakuasi pintu keluar, menunjukkan letak pintu atau gate dan lain sebagainya.

"Kali ini upaya dari teman-teman suporter dan fan Timnas Indonesia, yang bertugas sebagai Spectator Services dan Safety Marshall," kata Ketua Divisi Pembinaan Suporter PSSI, Budiman Dalimunthe kepada MNC Portal Indonesia.

"Kalau steward itu di sekitar field of play. Safety Marshall di tribun, berbaur dengan penonton," imbuh Budiman.

Usai laga, para relawan itu membersihkan tribun stadion yang ditinggalkan para suporter. Mereka memunguti sampah yabg tertinggal, dan memasukannya ke trash bag besar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2023 seconds (0.1#10.140)