Dahsyat! 2 Pemain PSM Cetak Gol, Tim Garuda Akhiri Perlawanan Brunei dengan Skor 7-0

Senin, 26 Desember 2022 - 21:27 WIB
loading...
Dahsyat! 2 Pemain PSM Cetak Gol, Tim Garuda Akhiri Perlawanan Brunei dengan Skor 7-0
Dahsyat! 2 pemain PSM cetak gol, Tim Garuda akhiri perlawanan Brunei dengan skor telak 7-0. Foto SINDOnews
A A A
KUALA LUMPUR - Dua pemain PSM Makassar , Yakob Sayuri dan Ramadan Sananta yang ikut perkuat Skuad Garuda saat melawan Brunei Darussalam pada lanjutan Grup A Piala AFF 2022 turut membobardir gawang Brunei. Laga yang berakhir dengan 7 gol tanpa balas ini membawa Tim Garuda pada puncak klasemen sementara Grup A.

Pada laga yang diigelar di Kuala Lumpur Stadium, Malaysia yang menjadi markas sementara Brunei, Senin (26/12/2022), Indonesia langsung gencar menyerang begitu peluit pembuka dibunyikan.

Rapatnya pertahanan lawan membuat peluang belum di dapat. Indonesia terus menyerang dari sisi lapangan saat memasuki menit ke-3. Namun, masih dapat dihentikan lini belakang Brunei.

Merespons Tim Garuda, Brunei juga mencoba peruntungan melalui serangan balik. Tapi, dapat digagalkan pertahanan Indonesia. Pada menit ke-5 Indonesia sempat mendapat peluang setelah Ilija Spasojevic yang masuk ke kotak penalti Brunei memberi umpan kepada Syahrian Abimanyu.

Namun, bola masih bisa dihalau pemain lawan. Di menit ke-8, Brunei kembali melakukan serangan balik. Asnawi Mangkualam sampai harus menjatuhkan pemain lawan sebelum masuk kotak penalti yang berujung kartu kuning.

Brunei juga mendapat tendangan bebas. Beruntung, Nadeo Arga Winata masih bisa menangkap bola yang membuat skor tetap 0-0. Brunei benar-benar bermain sangat bertahan. Itu membuat tim Merah Putih kesulitan menciptakan peluang hingga menit ke-10.

Indonesia mendapat peluang mencetak gol yang berawal dari tendangan sudut pada menit ke-13. Namun, tandukan Hansamu Yama melambung di atas gawang Brunei.

Hingga menit k-15, penguasaan bola Indonesia mencapai 76 persen dan melakukan empat upaya. Namun, tidak ada yang berbuah gol. Upaya Indonesia pun akhirnya membuahkan hasil. Armada Shin Tae-yong unggul 1-0 di menit ke-19 setelah Abimanyu berhasil menjebol gawang Brunei.

Setelah unggul 1-0, Indonesia makin gencar menyerang. Namun, peluang yang di dapat masih bisa digagalkan kiper Brunei, Haime Abdullah Nyaring. Indonesia menekan Brunei hingga menit ke-32.

Namun, di sisi lain, pertahanan Brunei bermain sangat disiplin yang membuat Egy Maulana Vikri dkk belum bisa menambah gol. Pada menit ke-33 Indonesia mendapat tendangan bebas. Saddil Ramdani yang menjadi eksutor melesakan tembakan keras.

Namun, bola membentur mistar gawang dan memantul keluar lapangan. Rapatnya pertahanan Brunei membuat Indonesia berinisiatif melakukan tembakan jarak jauh, seperti yang dilakukan Dendy Sulistyawan di menit ke-35.

Namun, bola melambung di atas mistar gawang. Alinur Rashimy Jufri mendapat kartu kuning kedua di menit ke-38 setelah melanggar pemain Indonesia yang berujung tendangan bebas di luar kotak penalti.

Namun, sepakan Ramdani selaku eksekutor membentur pagar betis Brunei yang melahirkan tendangan sudut. Sayang, juga masih belum berbuah gol. Pada menit ke-40, Indonesia kembali mencetak gol kedua dan unggul 2-0.

Itu setelah Dendy menendang bola ke dalam gawang Brunei. Tidak ada gol lagi hingga babak pertama usai. Indonesia tetap unggul 2-0 atas Brunei saat rehat.

Pada awal babak kedua atau dimenit ke-48, Brunei sempat mendapat peluang mencetak gol lewat serangan balik. Beruntung tembakan lawan bisa digagalkan Nadeo. Indonesia makin gencar menyerang.

Hasilnya dua gol behasil dicetak dalam tempo sekitar dua menin yang membuat unggul 4-0. Indonesia unggul 3-0 lewat Egy Maulana Vikri di menit ke-59 menit. Tak lama kemudian, Spasojevic mencetak gol pertamanya di Piala AFF 2022 di menit ke-60.

Tak lama berselang, Indonesia menambah keunggulannya. Kali ini Muhammad Ramadhan Sananta yang turun di babak kedua menggetarkan jala Brunei di menit ke-69. Dia mencetak gol pertamanya bagi Indonesia usai memanfaatkan umpan Yakob Sayuri.

Skor berubah menjadi 5-0 untuk tim Merah Putih. Meski sudah unggul jauh, Indonesia tetap bermain menyerang. Beberapa kali Marc Klok yang turun di babak kedia mengirim bola ke area pertahanan Brunei.

Namun, belum berbuah gol. Indonesia akhirnya mencetak gol keenamnya. Klok membuadt tim Merah Putih memimpin 6-0 setelah meneruskan umpan matang di menit ke-86. Tim Merah Putih masih belum puas meski sudah unggul 6-0. Para pemain masih berusaha menambah gol menjelang akhir pertandingan.

Hasilnya, pada menit ke-91, nama Yakob Sayuri terpampang di papan skor. Dia berhasil meneruskan assist Edo yang membuat Indonesia akhirnya menang 7-0.

Dengan hasil ini Indonesia untuk semantara memimpin klasemen Grup A dengan enam poin. Namun, posisinya bisa berubah jika Thailand bisa mengalahkan Filipina malam nanti.

Susunan pemain Brunei Darussalam vs Indonesia

Brunei Darussalam (4-4-2): Haime Abdullah Nyaring (GK), Alinur Rashimy Awang, Khairil Shahme, Wafi Aminudddin, Hanif Hamir, Shafie Haji, Najib Tarif, Hendra Azam idris, Hakeme Yazid, Nazimudin Haji, Abdul Azizi. Nazimudin Haji Ismail,

Cadangan: Ishyra Asmin Jabidi (GK), Jefri Syafiq Ishak (GK), Abdul Muiz Sisa, Fakharrazi Hassan, Nurikhwan Othman, Azwan Muhammad Saleh, Azwan Ali Rahman, Adi Said, Haziq Kasyful Azim, Hamizan Aziz Sulaiman, Yura Indera Putera, Razimie Ramli Pelatih : Mario Rivera

Indonesia (4-2-3-1) : Nadeo Arga Winata (GK); Rachmat Irianto, Hansamu Yama, Edo Febriansyah, Rizky Ridho Ramadhani; Asnawi Mangkualam, Saddil Ramdani; Syahrian Abimanyu, Egy Maulana, Dendy Sulistyawan; Ilija Spasojevic.

Cadangan : Muhamad Riyadi (GK), Syahrul Trisna Fadillah (GK), Yakob Sayuri, Jordi Amat, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Pratama Arhan, Ricky Kambuaya, Muhammad Rafli, Fachrudin Aryanto, Ramadhan Sananta.
Platih: Shin Tae-yong
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1415 seconds (0.1#10.140)