5 Momen Bersejarah Bulu Tangkis Indonesia

Selasa, 27 Desember 2022 - 18:03 WIB
loading...
A A A
Torehan gelar terbanyak di All England itu pun belum bisa dipecahkan hingga sekarang.

2. Juara Piala Sudirman Untuk Kali pertama

Piala Sudirman yang mempertandingkan nomor beregu campuran ini selalu dinantikan khalayak ramai, khususnya publik Indonesia.

Ajang ini mempertandingkan seluruh sektor, mulai dari tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan terakhir ganda campuran.

Pertama kali kompetisi ini digelar pada 1989. Untuk penamaan kompetisi ini sendiri diambil dari sosok tokoh penting dalam perkembangan bulu tangkis di Indonesia, yakni Dick Sudirman.

Indonesia langsung menjadi juara pada gelaran pertama Piala Sudirman. Sayang, setelah itu Indonesia masih belum bisa mengangkat trofi.

3. Medali Emas Olimpiade 1992

Sebelumnya, bulu tangkis tidak termasuk dalam olahraga olimpiade. Setelah sempat setelah melakukan eksibisi pada 1972 dan diperkenalkan lagi pada 1989, akhirnya cabang olahraga ini resmi menjadi bagian dari olimpiade pada 1992.

Indonesia sukses bersinar pada Olimpiade 1992. Alan Budikusuma dan Susi Susanti masing-masing memperoleh medali emas dari sektor tunggal putra serta tunggal putri.

Torehan Alan dan Susi tak hanya bersejarah bagi Indonesia, juga Asia Tenggara. Mereka menjadi atlet dari Asia Tenggara sekaligus Indonesia pertama yang mampu mendapat medali emas Olimpiade.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2154 seconds (0.1#10.140)