Profil Pele, Legenda Sepak Bola yang Menaklukkan Dunia

Jum'at, 30 Desember 2022 - 05:20 WIB
loading...
Profil Pele, Legenda Sepak Bola yang Menaklukkan Dunia
Pele telah wafat di usia 82 tahun di Sao Paolo pada Kamis (29/12/2022) waktu setempat. Mendiang akan selalu dikenang sebagai salah satu pesepak bola terbaik di dunia. Foto: marca.com
A A A
SAO PAOLO - Legenda sepak bola asal Brasil, Pele telah wafat di usia 82 tahun di Sao Paolo pada Kamis (29/12/2022) waktu setempat. Mendiang akan selalu dikenang sebagai salah satu pesepak bola terbaik di dunia.



Pele menghembuskan nafas terakhirnya setelah bertahun-tahun menderita kanker usus besar. Beliau juga digerogoti beberapa penyakit bawaan lainnya seperti gagal ginjal dan jantung.

Dengan demikian, dunia sepak bola sudah kehilangan dua legenda sepak bola. Sebab, dua tahun lalu, Diego Armando Maradona juga telah lebih dulu pergi.

Kisah Pele tentunya akan selalu dikenang. Sebab, dia mampu mencatat sukses besar selama berkarier di lapangan hijau.

Pele tahir pada 23 Oktober 1940 dengan nama lengkap Edson Arantes do Nascimento. Dia akhirnya menjelma sebagai salah satu pesepak bola tersohor dengan berbagai pencapaian fenomenal.

Pele memulai kariernya pada 1957 di usia 16 tahun. Padahal, dia sempat menerima penolakan dari beberapa klub sepak bola kecil yang ada di Brasil.

Pele kemudian dipercaya untuk membela Brasil di Piala Dunia 1958 di Swedia. Tak disangka-sangka, dia mencatat kontribusi besar dengan berbagai gol yang diciptakannya.

Bahkan Pele langsung berhasil membawa pulang trofi Piala Dunia. Di final, dia mencetak brace yang membuat Brasil mampu mengalahkan Swedia 5-2.

Itu menjadi momen bersejarah bagi pele dan Brasil. Sebab, itu merupakan gelar Piala Dunia perdana Negeri Samba.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1831 seconds (0.1#10.140)