Brasil Umumkan 3 Hari Berkabung setelah Pele Meninggal Dunia

Jum'at, 30 Desember 2022 - 13:53 WIB
loading...
Brasil Umumkan 3 Hari Berkabung setelah Pele Meninggal Dunia
Brasil berduka atas meninggalnya Pele. Pemerintah Brasil bahkan umumkan tiga hari berkabung untuk menghormati perginya sang legenda. Foto: The Sun
A A A
SAO PAOLO - Brasil berduka atas meninggalnya Pele . Masyarakat setempat turun ke jalan, patung Kristus Sang Penebus di Rio De Janeiro menyala dengan warna kuning hijau. Pemerintah Brasil bahkan umumkan tiga hari berkabung untuk menghormati perginya sang legenda.



Tahun Baru 2023 akan tiba. Di saat berbagai negara merayakan pegantian tahun dengan berpesta dan menyalakan kembang api, Brasil justru dalam suasana berkabung.

Negara yang menjadikan sepak bola sebagai hiburan dan cabang olahraga utama ini kehilangan seorang legendaris. Pele meninggal karena kanker usus di usianya yang menginjak 82 tahun di Sao Paolo, Kamis (29/12/2022) waktu setempat.

Masyarakat Brasil turun ke jalan untuk meluapkan kesedihan bersama-sama. Rumah Sakit Albert Einstein, Sao Paulo, disesaki para fans. Suasana kesedihan pun menyelimuti rumah sakit tempat Pele menghembuskan nafas terakhir.

Negeri Samba juga memperingati wafatnya Pele lewat patung Kristus Sang Penebus yang terletak di Rio De Janeiro. Patung raksasa yang terletak di puncak Gunung Corcovado itu menyala dengan warna kuning-hijau.

Suasana duka juga menyelimuti Stadion Maracana yang juga terletak di Rio De Janeiro. Monumen penghormatan pun diletakkan di markas klub Flamengo dan Fluminense tersebut.

Masyarakat mengenakan jersey Timnas Brasil memadati stadion tersebut. Banyak fans memberi penghormatan di monumen penghormatan untuk Almarhum.

Brasil juga akan mengadakan upacara penghormatan untuk Pele pada Senin 2 Januari 2023, sehari setelat dilantiknya Luiz Inacio Lula da Silva sebagai Presiden Brasil yang baru.



Prosesi upacara itu akan dihelat di markas Santos FC, klub yang membesarkan nama Pele, Vila Belmiro Stadium.

Bolsonaro, Presiden Brasil saat ini juga mengumumkan tiga hari berkabung untuk Pele. Jenazah Pele akan dimakamkan pada Selasa, 3 Januari 2023.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1962 seconds (0.1#10.140)