Kaleidoskop 2022: 3 Momen Bersejarah di Dunia Balap

Sabtu, 31 Desember 2022 - 16:26 WIB
loading...
Kaleidoskop 2022: 3 Momen Bersejarah di Dunia Balap
Banyak peristiwa olahraga yang menarik sepanjang tahun 2022. Di ajang balap ada kisah pembalap yang sukses mengguncang dunia / Foto: Kolase
A A A
JAKARTA - Banyak peristiwa olahraga yang menarik sepanjang tahun 2022. Di ajang balap ada kisah pembalap yang sukses mengguncang dunia.

Pembalap yang sukses mengguncang dunia tidak selalu datang dari belahan Eropa saja. Indonesia juga punya satu perwakilan yang memiliki prestasi menonjol di ajang balap roda dua.

Pembalap yang dimaksud tersebut adalah Andi Farid Izdihar . Joki kuda besi binaan PT Astra Honda Motor (AHM) itu sukses mengguratkan tinta emas dalam sejarah dengan mencatatkan namanya sebagai pembalap Indonesia pertama yang meraih gelar juara Asia Road Racing Championship (ARRC) musim 2022 di kelas Supersport (SS) 600.

Gelar juara kelas SS600 menjadi prestasi membanggakan hasil pembinaan pebalap muda Indonesia yang dimulai sejak Astra Honda Racing School hingga mengaspal di berbagai ajang balap. Berbekal pengalaman tampil di GP World Championship (Moto2 dan Moto3) yang kompetitif, titel tertinggi yang diraih Andi pada ARRC ini sekaligus menjadi penegas kemampuan dirinya yang mumpuni di lintasan balap internasional.

BACA JUGA: Dovizioso Beberkan Alasan Tak Berminat Balapan WSBK

Gelar ini juga menjadi sejarah untuk Astra Honda Racing Team yang mampu merebut juara di kelas bergengsi ARRC. Kepastian itu didapat saat ia menjalani balapan terakhir di Chang International Circuit.

Pada balapan itu, Andi Gilang sapaan akrabnya berhasil merebut dua podium pertama pada dua balapan. Kemenangan ini begitu dramatis, karena dengan hasil race terakhir, perolehan poin Andi Gilang menyamai pimpinan klasemen sebelumnya. Namun Andi dinyatakan sebagai kampiun kelas SS600 karena mengoleksi kemenangan lomba lebih banyak.

"Double winner dan penentuan juara Asia ini adalah momen terbaik dalam karier balapan saya," singkat Andy.

BACA JUGA: Jorge Lorenzo: Akan Tiba Marc Marquez Memilih Uang atau Gelar Juara Dunia MotoGP

Dua Pembalap Fenomenal
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1233 seconds (0.1#10.140)