Profil Ryuji Sato, Wasit Kontroversial di Piala AFF 2022 saat Laga Vietnam vs Malaysia

Selasa, 03 Januari 2023 - 16:04 WIB
loading...
Profil Ryuji Sato, Wasit Kontroversial di Piala AFF 2022 saat Laga Vietnam vs Malaysia
Profil Ryuji Sato, wasit kontroversial di Piala AFF 2022 aakan dibahas di artikel ini. Dia pernah memimpin lanjutan Grup B antara Vietnam melawan Malaysia. Foto: dantri.com.vn
A A A
JAKARTA - Profil Ryuji Sato, wasit kontroversial di Piala AFF 2022 aakan dibahas di artikel ini. Dia pernah memimpin lanjutan Grup B antara Vietnam melawan Malaysia.



Laga yang berlangsung pada 27 Desember 2022 itu menjadi sorotan. Duel yang bertempat di My Dinh National Stadium, Hanoi itu berakhir dengan kemenanan 3-0 untuk Vietnam.

Diyakini cukup banyak keputusan kontroversi yang dibuat Sato. Dia dinilai lebih membela tuan rumah.

Salah satu keputusan kontroversi yang dilakukan Sato adalah ketika tidak memberi kartu merah kepada pemain Vietnam yang menyikut pemain Malaysia dengan keras.

Sato merupakan salah satu wasit sepak bola internasional asal Jepang. Pada gelaran Piala AFF 2022, dia juga menjadi salah satu pengadil lapangan yang turut bertugas.

Sepanjang kariernya sebagai wasit, pria kelahiran 16 April 1977 ini telah banyak memimpin pertandingan domestik di Jepang, hingga laga internasional.

Selain bertugas di J1 League, Sato juga pernah memimpin laga di Liga Champions Asia, Kualifikasi Piala Dunia FIFA, hingga Piala AFF tentunya.

Sato telah menjadi wasit FIFA sejak 2009. Dia disebut pernah menjadi pengadil di V-League atau Liga Vietnam pada 2014, serta cukup sering tampil dalam laga Timnas Vietnam.

Dikenal sebagai salah satu wasit berpengalaman, Sato sebelumnya punya reputasi yang cukup baik kala memimpin pertandingan. Sejumlah event besar pernah diikutinya termasuk Piala Asia dan Piala Dunia U-20.



Terbaru, Sato tengah menjadi sorotan selepas laga Vietnam vs Malaysia. Dia dianggap berat sebelah dan terlalu menguntungkan tim asuhan Park Hang-Seo.

Akibatnya, Sato banjir hujatan terutama dari para fans Harimau Malaya yang merasa tidak terima dengan kepemimpinannya.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1341 seconds (0.1#10.140)