Ribuan Fans Beri Pele Penghormatan Terakhir sebelum Dimakamkan

Selasa, 03 Januari 2023 - 21:42 WIB
loading...
Ribuan Fans Beri Pele Penghormatan Terakhir sebelum Dimakamkan
Ribuan Fans Beri Penghormatan Terakhir sebelum Pemakaman Pele/The Sun
A A A
Ribuan fans berbaris di jalanan untuk memberikan penghormatan terakhir sebelum pemakaman Pele di Santos, Brasil. Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva memimpin penghormatan kepada legenda Piala Dunia.

Pemenang Piala Dunia tiga kali itu meninggal dunia Kamis lalu dalam usia 82 tahun setelah berjuang melawan kanker usus. Jenazahnya ditempatkan di peti mati terbuka di tengah-tengah Stadion Vila Belmiro di kota Brasil di mana ia bermain selama 18 tahun.



Peti jenazahnya diusung oleh mantan gelandang Brasil, Ze Roberto, serta putra Pele, Edinho, dengan karangan bunga yang dikirim oleh Neymar, Vinicius Junior dan Real Madrid. Dan setelah 24 jam, peti jenazah dibungkus dengan bendera Brasil yang dijaga oleh tentara pagi ini untuk prosesi melalui kota - termasuk melewati rumah ibunya yang berusia 100 tahun - sebelum tempat peristirahatan terakhirnya di lantai sembilan di 'pemakaman vertikal' tertinggi di dunia dengan upacara kecil untuk anggota keluarga dan teman-teman.

Memorial Necropole Ecumenica mencakup ruang bawah tanah, ruangan untuk mengadakan kebaktian, krematorium, dan mausoleum "untuk keluarga yang ingin melestarikan warisan mereka dengan cara yang lebih pribadi dan privat". Brasil juga mengumumkan tiga hari berkabung nasional untuk Pele.



Sang penyerang melejit ke panggung global pada tahun 1958 dan membantu Brasil memenangkan Piala Dunia berturut-turut empat tahun kemudian. Keberhasilannya pada tahun 1970 memastikan dia menjadi dan tetap menjadi satu-satunya orang yang memenangkan tiga turnamen Piala Dunia sebagai pemain. Di level klub, Pele menikmati 18 tahun yang sensasional bersama
Santos, tim tempat dia melakukan debutnya pada usia 15 tahun.

Secara keseluruhan, ia mencetak 1.279 gol yang mengejutkan dalam 1.363 pertandingan, termasuk pertandingan persahabatan, yang diakui sebagai Rekor Dunia Guinness. Dia juga berhasil mencetak 77 gol yang luar biasa dalam 92 pertandingan untuk tim nasional - rekor yang disamai oleh Neymar di Piala Dunia baru-baru ini.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1240 seconds (0.1#10.140)