Pemain Timnas Indonesia Dicap Egois di Depan Gawang, Shin Tae-yong Tuntut Perbaikan

Kamis, 05 Januari 2023 - 12:00 WIB
loading...
Pemain Timnas Indonesia Dicap Egois di Depan Gawang, Shin Tae-yong Tuntut Perbaikan
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-Yong (kiri) didampingi Ricky Kambuaya (kanan) saat konferensi pers Piala AFF di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, Minggu (1/1/2023). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa.
A A A
JAKARTA - Para pemain Timnas Indonesia dianggap egois di depan gawang lawan selama Piala AFF 2022 . Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menuntut perbaikan.

Insting mencetak gol para penggawa Tim Merah-Putih di Piala AFF 2022 menuai sorotan tak sedap. Sebab, mereka kerap membuang peluang yang seharusnya bisa dikonversi menjadi gol.



Selain itu, para pemain Timnas Indonesia juga kerap kali bertindak egois ketika menyerang. Puncaknya adalah ketika mereka hanya mampu menang tipis 2-1 atas Filipina di laga terakhir Grup A.

Dalam laga itu, sebenarnya Indonesia memiliki 16 peluang mencetak gol. Salah satunya adalah ketika Ricky Kambuaya berlari dari tengah dan tinggal berhadapan dengan satu bek lawan. Namun, bukannya mengoper ke Ilija Spasojevic yang berdiri bebas di sampingnya, Kambuaya malah berusaha menggocek lawan sehingga serangan Garuda patah.

Alhasil, netizen geram dengan para pemain Indonesia dan menyebut mereka sangat egois ketika mendapat peluang mencetak gol. Kata ‘egois’ sempat trending topic di Twitter setelah laga tersebut berakhir.

Ternyata, Shin Tae Yong juga tak menampik bahwa anak buahnya sangat egois. Juru taktik asal Korea Selatan itu pun sangat menyayangkan sikap tersebut yang menurutnya wajib diperbaiki.

“Jadi itu (pemain terlalu egois) memang hal yang sangat disayangkan dan mesti diperbaiki. Saya hanya bisa katakan bahwa kita harus perbaiki itu,” kata Shin Tae Yong kepada wartawan di Lapangan A Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (4/1/2023).

Tentunya egoisme tersebut tak boleh muncul kembali dalam laga semifinal kontra Vietnam. Indonesia harus bisa tampil se-efektif mungkin ketika mendapat peluang mencetak gol agar bisa mengalahkan salah satu tim favorit juara Piala AFF 2022 itu.

Pertandingan semifinal melawan Vietnam sendiri akan berlangsung dalam dua leg. Indonesia akan lebih dulu menjamu Armada Park Hang Seo di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada leg pertama yang digelar pada Jumat (6/1/2023) pukul 16.30 WIB. Tiga hari berselang barulah Tim Merah Putih bertandang ke My Dinh Stadium.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1592 seconds (0.1#10.140)