WBC Kecam IBA Gelar Tinju Amatir dan Pro dengan Tiru Sabuk Juara

Kamis, 05 Januari 2023 - 22:47 WIB
loading...
WBC Kecam IBA Gelar Tinju Amatir dan Pro dengan Tiru Sabuk Juara
WBC Kecam IBA Gelar Tinju Amatir dan Pro dengan Tiru Sabuk Juara/Boxing Scene
A A A
WBC mengecam badan tinju amatir IBA yang ingin menggelar kejuaraan tinju amatir dan profesional berlisensi penuh dengan meniru desain sabuk juara dunia. Kedua organisasi ini telah beberapa kali berselisih secara verbal di masa lalu dengan ketegangan yang meningkat ketika IBA (kemudian AIBA) menyatakan niat mereka untuk menggelar acara tinju dengan para profesional berlisensi penuh.



Dalam beberapa bulan terakhir, IBA mengumumkan aliansi mereka dengan WBA, yang juga berselisih dengan WBC dalam beberapa tahun terakhir. WBC telah mengkritik keputusan bersama oleh WBA/IBA untuk memberikan izin pertarungan di Rusia dan Belarusia - yang saat ini terlibat dalam konflik militer dengan negara tetangga Ukraina.

Menurut WBC, IBA sekarang melanggar hak intelektual mereka, dan menciptakan kebingungan, dengan menciptakan gelar yang terlihat mirip dengan desain sabuk WBC.

"Dewan Tinju Dunia telah mengetahui bahwa Asosiasi Tinju Internasional (IBA) baru-baru ini: (1) mengorganisasi, mengiklankan, dan mempublikasikan acara yang disebut IBA's Champion Night; dan (2) memberikan sabuk tinju sehubungan dengan hal itu yang secara membingungkan mirip dengan Sabuk Kejuaraan WBC. Singkatnya, IBA menggunakan Aset Kekayaan Intelektual WBC dengan cara yang melanggar dan tanpa otorisasi dari WBC sebagai pemilik sah aset tersebut," kata juru bicara WBC.

"WBC ingin memperjelas bahwa WBC telah memberitahukan kepada IBA tentang penolakan dan penentangan penuh WBC terhadap penggunaan sabuk IBA yang tidak sah yang sangat mirip dengan sabuk Kejuaraan Dunia WBC yang ikonik. WBC juga telah menginformasikan kepada IBA dan akan mengambil langkah-langkah hukum yang tersedia untuk menghentikan kegiatan IBA yang melanggar dan untuk mencari ganti rugi yang sesuai daripadanya. WBC sama sekali tidak terkait dengan IBA.''

"Dalam Konvensi Tahunan baru-baru ini, WBC meratifikasi posisinya: (1) tidak mengizinkan kegiatan WBC di wilayah Rusia atau Belarusia; (2) tidak mengakui petinju dari negara-negara tersebut sebagai pemegang hak istimewa WBC (kejuaraan, posisi wajib, dll); dan (3) mengeluarkan semua petinju dari kedua negara tersebut dari Peringkat Dunia WBC, serta, mereka yang bertanding di turnamen IBA di sana. WBC menolak dan mengecam kegiatan IBA di dalamnya.''



"WBC telah menyatakan secara terbuka dukungannya terhadap kekhawatiran Komite Olimpiade Internasional yang dibenarkan tentang kurangnya kepemimpinan dan skandal di mana AIBA (pendahulu IBA) dan sekarang IBA telah terlibat dalam beberapa tahun terakhir. Konsisten dengan posisi yang diambil oleh seluruh komunitas tinju dunia, WBC sepenuhnya mendukung kelanjutan kompetisi tinju di Olimpiade.''

"WBC juga ingin secara terbuka menyatakan penolakannya terhadap piagam dan misi IBA untuk mencampur tinju profesional dan amatir. Kebijakan IBA dalam hal itu berbahaya karena mendorong pertarungan berbahaya antara atlet yang berkisar pada tingkat kompetisi yang membahayakan kesehatan dan keselamatan peserta. Sama sekali tidak ada kriteria untuk menyesuaikan tingkat kompetisi. Akibatnya, pendekatan IBA telah menciptakan kerugian besar bagi sebagian besar program tinju amatir di seluruh dunia."
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1877 seconds (0.1#10.140)