Ma'ruf El Rumi Berharap Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2022

Jum'at, 06 Januari 2023 - 16:19 WIB
loading...
Maruf El Rumi Berharap Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2022
Pengamat sepak bola, Maruf El Rumi berharap Tim nasional (Timnas) Indonesia bisa mengakhiri puasa gelar di Piala AFF 2022. Foto: Twitter
A A A
JAKARTA - Pengamat sepak bola, Ma'ruf El Rumi berharap Tim nasional (Timnas) Indonesia bisa mengakhiri puasa gelar di Piala AFF 2022. Pasalnya, skuad Garuda selalu menjadi runner-up.



Indonesia jumpa Vietnam di leg pertama babak semifinal Piala AFF 2022. Leg pertama berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (6/1/2023) sore.

Indonesia akan mencoba melewati ujian berat untuk mengamankan satu tempat di babak final. Namun, Vietnam bukanlah lawan mudah karena tampil apik di fase grup dengan mencetak 12 gol dan tak kemasukan.

Sementara Ma'ruf mengatakan Piala AFF 2022 menjadi harapan besar untuk Timnas Indonesia keluar sebagai juara.

Dia menjelaskan Thailand, Vietnam dan Malaysia bisa menjadi juara, ketika mengalahkan Indonesia di babak final.

"Jelas bahwa AFF 2022 menjadi harapan besar untuk bangsa Indonesia meraih gelar karena sejauh ini belum meraih gelar meski sudah enam kali melaju ke babak final, tetapi belum sekalipun mendapatkan gelar," ucapnya.

"Thailand, Vietnam dan Malaysia sudah mendapatkan gelar, terlebih ketiganya mendapatkan gelar dari mengalahkan Indonesia di babak final," lanjut Ma'ruf dalam webinar Partai Perindo bertema Piala AFF: Ujian Timnas Mengejar Prestasi, Jumat (6/1/2023).

Ma'ruf menjelaskan Timnas Indonesia hampir menjadi juara di Piala AFF 2020, tetapi kalah dari Thailand dengan agregat 2-6 meski berisikan pemain-pemain muda yang memiliki potensi.

Dia percaya keajaiban dan harapan bisa terjadi, sehingga tim besutan Shin Tae-yong bisa mengakhiri puasa gelar di Piala AFF 2022.

"Terakhir di AFF 2020 Indonesia hampir mendapatkan gelar, tetapi kalah dari Thailand. Meski sudah memiliki generasi baru dengan kehadiranya pemain-pemain muda," ucapnya.

Baca Juga: 4 Pemain Timnas Indonesia dengan Julukan Raja Tekel di Piala AFF 2022

"Kita harus percaya penuh dengan keajaiban dan harapan. Gelar juara bukan sesuatu yg gratis dan harus berjuang di leg pertama, kedua bahak penalti. Semoga tahun ini bisa mengakhiri dahaga gelar," pungkasnya.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0942 seconds (0.1#10.140)