Shin Tae-yong Unggah Video Tekel Brutal Doan Van Hau, Desak Wasit dan Pemain Fair Play

Minggu, 08 Januari 2023 - 14:01 WIB
loading...
Shin Tae-yong Unggah Video Tekel Brutal Doan Van Hau, Desak Wasit dan Pemain Fair Play
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong menyoroti aksi brutal bek Vietnam, Doan Van Hau, dan keputusan kontroversial wasit di Piala AFF 2022/Foto/PSSI
A A A
JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyoroti aksi brutal bek Vietnam, Doan Van Hau, dan keputusan kontroversial wasit di Piala AFF 2022 . Juru taktik asal Korea Selatan itu mengungkap hal itu jelang laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022 kontra Vietnam, Senin (9/1/2023).

Shin Tae-yong menilai pemain dan wasit sama-sama harus fair play agar kerja keras para pemain tak sia-sia karena ketidakadilan wasit di atas lapangan.



Dalam video yang diunggah Shin Tae-yong di akun Instagram terverifikasi miliknya (@shintaeyong777), Minggu (8/1/2023), dia menampilkan tiga rekaman gambar dari permainan kotor Doan Van Hau.

Di video pertama, Coach Shin memperlihatkan bagaimana bek bernomor punggung lima itu menghajar Dendy Sulistyawan pada laga leg pertama semifinal Piala AFF 2022 lalu di Stadion Utama Gelora Bung Karno, yang berakhir imbang tanpa gol. Kala itu, dia menekel Dendy dengan dua kaki dan malah merasa kesakitan sendiri.



Parahnya, wasit asal Oman, Omar Mubarak, tak menghukumnya dengan satu kartu pun. Padahal, di kompetisi Eropa, tekel dua kaki seperti itu jelas-jelas akan diganjar dengan kartu merah karena sangat berbahaya.

Kemudian, video yang kedua menampilkan keganasan Doan Van Hau saat melibas kaki Ricky Kambuaya di kotak terlarang pada laga yang sama di menit-menit akhir dan lagi-lagi, dia malah merasa sakit sendiri. Bahkan, lagi-lagi wasit Omar tak memberinya kartu dan tak menghadiahkan penalti untuk Indonesia.

Lalu, video terakhir yang diunggah Coach Shin memperlihatkan bagaimana jahatnya bek kiri berusia 23 tahun itu saat menyikut bek Malaysia, Azam Azmi, di laga fase grup Piala AFF 2022. Ketika itu, Azmi yang berlari untuk mengejar bola yang datang ke arah kiper Vietnam, langsung disikut dengan sengaja oleh Doan Van Hau di bagian dadanya. Mirisnya, wasit tak menganggap itu sebagai pelanggaran.

Shin Tae-yong pun mengimbau dalam keterangan video tersebut agar wasit dan pemain harus bermain fair play agar usaha keras pemain tak sia-sia karena keputusan buruk yang dibuat wasit. Ucapannya jelas-jelas sebagai sindiran bagi Doan Van Hau, yang bermain sangat kotor, dan juga kinerja wasit di Piala AFF 2022 yang jauh dari kata memuaskan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1042 seconds (0.1#10.140)