Jadwal Final Piala AFF 2022: Thailand Lakoni Laga Tandang Lebih Dulu

Rabu, 11 Januari 2023 - 07:00 WIB
loading...
Jadwal Final Piala AFF 2022: Thailand Lakoni Laga Tandang Lebih Dulu
Di laga final Piala AFF 2022, Vietnam lebih dulu berstatus sebagai tuan rumah saat menjamu Thailand di Stadion My Dinh, Jumat (13/1/2023) / Foto: Twitter AFF (@theaseanball)
A A A
JAKARTA - Jadwal final Piala AFF 2022 akan dibahas pada artikel ini. Laga partai puncak di kompetisi antarnegara ASEAN itu akan dimulai pada 13 dan 16 Januari.

Vietnam menjadi tim pertama yang memastikan tempat di final setelah menyingkirkan Indonesia dengan agregat 2-0. Sementara Thailand merebut tiket partai puncak usai mengalahkan Malaysia dengan agregat 3-1.

Ketiga gol Thailand tercipta saat mereka menjamu Malaysia di Stadion Tammasat, Selasa (10/1/2023) malam WIB. Tiga gol kemenangan tim berjuluk Gajah Perang itu dicetak oleh Teerasil Dangda (19’), Bordin Phala (55’), dan Adisak Kraisorn (71’).

BACA JUGA: Hasil Inter Milan vs Parma: I Nerazzurri ke Perempat Final Coppa Italia Lewat Perpanjangan Waktu

Thailand suskes menembus final untuk ke-10 kalinya dalam sejarah Piala AFF. Dalam sembilan kesempatan tampil di partai puncak, tim berjuluk Gajah Perang itu menang enam kali dan tiga kali sebagai runner-up.

Di laga final, Vietnam lebih dulu melakoni laga kandang di Stadion My Dinh, Jumat (13/1/2023). Tiga hari kemudian, atau tepatnya Senin (16/1/2023), giliran Thailand yang bertindak sebagai tuan rumah.

Alexandre Polking menilai, skuad berjuluk The Golden Star itu lebih diuntungkan karena memiliki waktu istirahat yang lebih dibandingkan timnya. "Vietnam memiliki keunggulan atas Thailand. Mereka memiliki lebih banyak waktu istirahat dan tidak perlu melakukan perjalanan lagi. Jadi ini pasti akan menjadi pertandingan yang sulit,” kata Polking dikutip dari Matichon.

Kendati begitu, Polking justru lebih suka bermain kandang pada leg kedua seperti menghadapi Timnas Malaysia. Menurutnya, mereka akan mendapatkan dukungan yang luar biasa hebatnya dari para suporter.

BACA JUGA: Manchester United dan Newcastle Tembus Semifinal Piala Liga Inggris 2022-2023

Polking berharap masyarakat Thailand bisa memadati stadion pada pertandingan melawan Vietnam di leg kedua final Piala AFF 2022 . "Tapi jika saya bisa memilih, saya lebih suka memainkan pertandingan kedua di kandang seperti ini. Karena kita akan memiliki penggemar sepak bola sebagai kekuatan bagi para pemain di dalam tim," ungkapnya.

"Saya berharap invasi akan bekerja dengan baik dan dapat kembali meraih kemenangan di rumah sendiri dengan penggemar yang memenuhi stadion," imbuhnya.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1524 seconds (0.1#10.140)