Cristofer Rosales vs Felix Alvarado: Duel Eliminasi Penantang Juara IBF

Jum'at, 13 Januari 2023 - 15:59 WIB
loading...
Cristofer Rosales vs Felix Alvarado: Duel Eliminasi Penantang Juara IBF
Cristofer Rosales vs Felix Alvarado: Duel Eliminasi Penantang Juara IBF/Boxing Scene
A A A
Sepasang mantan juara dunia tinju dari Nikaragua Cristofer Rosales dan Felix Alvarado diinstruksikan untuk memasuki pembicaraan perebutan gelar kelas terbang IBF di masa depan. BoxingScene.com telah mengkonfirmasi bahwa IBF memerintahkan pertarungan eliminasi gelar kelas terbang antara rekan senegaranya Cristofer Rosales dan Felix Alvarado.

"Perlu diketahui bahwa peringkat # 3, Cristofer Rosales dan #4 Felix Alvarado adalah 2 penantang peringkat tertinggi yang tersedia di divisi Kelas Terbang IBF dan telah mengindikasikan secara tertulis, kesediaan untuk berpartisipasi dalam eliminasi ini," ketua Komite Kejuaraan IBF Carlos Ortiz memberi tahu perwakilan untuk kedua petinju dalam surat resmi, yang salinannya diperoleh BoxingScene.com.



"Dalam upaya untuk menentukan siapa penantang wajib, IBF memerintahkan pertarungan eliminasi antara Cristofer Rosales dan Felix Alvarado untuk posisi nomor 1. Pemenangnya akan menjadi nomor 1 dan penantang wajib. Negosiasi harus diselesaikan pada 27 Januari 2023."

Pemenangnya akan menjadi penantang wajib bagi penguasa kelas terbang IBF yang tak terkalahkan, Sunny Edwards (19-0, 4 KO), yang namanya telah dilontarkan dalam rumor pertarungan penyatuan gelar dengan juara WBC Julio Cesar Martinez (19-2, 14KO; 2NC). Rosales dipromosikan oleh Matchroom Boxing, sementara Alvarado diwakili oleh M&R Boxing. Menariknya, kedua petinju ini dibimbing oleh manajer William Ramirez, yang masih memiliki Alvarado di bawah naungannya, untuk meraih gelar mereka sebelumnya.

Rosales kembali ke dalam persaingan setelah kemenangan mengejutkan selama sepuluh ronde atas Joselito Velazquez yang sebelumnya tak terkalahkan pada 3 Desember lalu di Glendale, Arizona. Kemenangan itu adalah yang ketiga secara beruntun dan keenam dalam tujuh pertandingan terakhirnya bagi pria berusia 28 tahun asal Managua ini sejak pertarungan perebutan gelar terakhirnya ketika ia dipukul KO pada ronde kesembilan oleh Martinez dalam pertarungan perebutan gelar kelas terbang WBC yang lowong pada bulan Desember 2019 di Phoenix, Arizona.

Rosales memegang gelar kelas terbang WBC selama kurang dari satu tahun, mencetak KO mengejutkan pada ronde kesembilan atas Daigo Higa yang tak terkalahkan pada bulan April 2015. Hanya satu kali ia berhasil mempertahankan gelarnya, sebelum ia menjatuhkan keputusan 12 ronde atas Charlie Edwards - kakak kandung Sunny - pada bulan Desember 2018.



Alvarado (38-3, 33KO) tampil gagah berani saat kalah dalam keputusan mutlak dua belas ronde dari Sunny Edwards dalam laga perebutan gelar kelas terbang IBF mereka pada 11 November lalu di Sheffield, Inggris. Atlet berusia 33 tahun asal Managua ini menghentikan 20 kemenangan beruntunnya sejak tahun 2015 dengan kekalahan tersebut, dalam upayanya untuk menjadi pemegang gelar dua divisi.

Perebutan kesempatan melawan Edwards terjadi setelah ia menetapkan dirinya sebagai penantang wajib, sebuah peringkat yang diberikan kepadanya sebagai imbalan untuk melepaskan gelar kelas terbang junior IBF miliknya. Alvarado memenangkan sabuk itu dengan KO pada ronde ketujuh atas Randy Petalcorin dalam laga perebutan gelar mereka pada bulan Oktober 2018.

Dua kali mempertahankan gelar diikuti dengan sebuah laga non-gelar (diturunkan saat penantang gelar aslinya gagal selama minggu pertarungan) sebelum mengosongkan sabuknya pada bulan Maret lalu.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1830 seconds (0.1#10.140)