5 Petinju Dunia yang Terjun ke Politik: Nomor 3 Gabung Partai Perindo

Rabu, 18 Januari 2023 - 13:05 WIB
loading...
5 Petinju Dunia yang Terjun ke Politik: Nomor 3 Gabung Partai Perindo
5 Petinju Dunia yang Terjun ke Politik: Salah Satunya Chris John yang Gabung Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Daftar 5 petinju dunia yang beralih profesi menjadi politisi ada di artikel ini. Salah satunya mantan petinju asal Indonesia, Chris John , yang baru-baru ini mencalonkan diri sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI).

Olahraga tinju identik dengan kemampuan fisik. Sementara politik tidak memerlukan itu karena berorientasi pada kemampuan otak. Namun, keduanya sama-sama bertujuan untuk memenangkan pertarungan.



Tak banyak petinju dunia yang akhirnya banting setir menjadi politisi, akan tetapi salah satunya ada di Indonesia. Siapa saja mereka? Berikut SINDOnews merangkumnya dalam daftar di bawah ini:

1. Manny Pacquao (Filipina)
5 Petinju Dunia yang Terjun ke Politik: Nomor 3 Gabung Partai Perindo

Petinju berjuluk Pacman adalah satu-satunya orang yang berhasil menyabet gelar juara delapan divisi. Namun, selain dikenal sebagai jawara tinju dunia, Manny Pacquiao juga seorang politisi.

Pria yang menjabat senator di Filipina itu pernah diklaim mencalonkan diri sebagai Presiden Filipina pada pemilihan umum (pemilu) 2022. Juara kelas welter WBA sampai hari ini masih aktif berpolitik sebagai seorang senator di negaranya.

2. Erik Morales (Meksiko)
5 Petinju Dunia yang Terjun ke Politik: Nomor 3 Gabung Partai Perindo

Erik adalah petinju Meksiko yang sudah melewati 61 pertarungan selama tampil di tiga kelas yakni kelas bulu, kelas bantam, dan kelas ringan. Dengan rekor 52 kemenangan, Erik Morales merupakan salah satu pria paling disegani di atas ring tinju.

Setelah pensiun, pada 2018 Erik memutuskan terjun ke dunia politik. Dia menjabat sebagai salah satu Chamber of Deputies di negaranya, kemudian menyumbangkan seluruh gaji di tempat itu untuk membantu kesehatan masyarakat di negaranya.

3. Chris John (Indonesia)
5 Petinju Dunia yang Terjun ke Politik: Nomor 3 Gabung Partai Perindo

Chris John adalah petinju kebanggan Indonesia dengan segudang gelar. Pada 2017, dia berhasil mempertahankan gelarnya sebagai Juara Dunia Tinju Kelas Bulu versi WBA setelah mengalahkan Zaiki Takemoto asal Jepang dengan TKO di awal ronde kesepuluh di Pulau Rokko, Kobe, Jepang.

Pada pertengahan Desember 2022, Chris John memutuskan bergabung dengan Partai Persatuan Indonesia (Perindo). Dari pernyataan Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, petinju berjuluk The Dragon akan maju sebagai calon anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Jateng pada Pemilu 2024.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2187 seconds (0.1#10.140)