Di GP Jepang, Diam-diam Rossi Ungguli Lorenzo

Rabu, 07 Oktober 2015 - 14:11 WIB
Di GP Jepang, Diam-diam Rossi Ungguli Lorenzo
Di GP Jepang, Diam-diam Rossi Ungguli Lorenzo
A A A
MOTEGI - GP Jepang 2015 akhir pekan ini menandai balapan pembuka dari tiga laga Asia-Pasifik secara berturut-turut sebelum laga penutup di Spanyol bulan depan. Sudah tentu balapan di Sirkuit Motegi akan banyak menyita perhatian.

Awalnya, Sirkuit Motegi dibangun pada 1997 untuk menyelenggarakan balapan mobil. Pada 1999 sirkuit tersebut menggelar grand prix sepeda motor untuk pertama kalinya di kelas 500cc. (Baca juga : Sirkuit Motegi, Dihiasi Pembalap Cedera)

Akhir pekan ini, pembalap Spanyol Jorge Lorenzo akan menyandang predikat juara bertahan setelah dia memenangkan balapan di Sirkuit Motegi pada 2014. Musim ini sendiri, Lorenzo merupakan pesaing terdekat Valentino Rossi dalam perburuan gelar juara dunia.

Meski baru-bari ini Sirkuit Motegi dimenangkan pembalap Yamaha Movistar, nyatanya Honda masih tercatat sebagai pabrikan paling berkuasa di sirkuit 2.4 km itu. Sebanyak 11 gelar juara telah direbut Honda di Motegi.

Berikut fakta menarik jelang GP Jepang 2015

- Valentino Rossi Cs akan melahap 115km dari total 24 lap saat balapan di Sirkuit Motegi. Dalam satu lap terdapat 12 tikungan.
- Motegi telah menggelar 32 balapan dan menghasilkan 17 pembalap berbeda yang mencicipi manisnya podium juara di Negeri Sakura.
- Pembalap tersukses yang paling banyak memenangkan balapan di GP Jepang adalah Kevin Schwantz dan Valentino Rossi, masing-masing empat kemenangan.
- Rekor sirkuit masih dipegang Jorge Lorenzo yang finis tercepat dengan catatan waktu 1 menit 43.350 detik pada 2014.
- Pabrikan tersukses masih dipegang Honda dengan 11 kemenangan
- Pembalap Jepang terakhir yang memenangkan GP Motegi adalah Makoto Tamada (2004)
- Tahun lalu, pole position di ambil Andrea Dovizioso dengan catatan waktu 1 menit 44.502 detik. Tetapi Jorge Lorenzo memenangkan balapan pada tahun lalu.
- Pembalap aktif yang mendominasi kemenangan di GP Jepang adalah Valentino Rossi (empat kemenangan), Jorge Lorenzo (tiga kemenangan) dan Dani Pedrosa (dua kemenangan)
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9880 seconds (0.1#10.140)