Putin Tangguhkan Jabatan Menpora Rusia Masih Simpang Siur

Selasa, 19 Juli 2016 - 22:03 WIB
Putin Tangguhkan Jabatan Menpora Rusia Masih Simpang Siur
Putin Tangguhkan Jabatan Menpora Rusia Masih Simpang Siur
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin dikabarkan menangguhkan pejabat yang disebutkan dalam laporan Badan Anti-Doping Dunia (WADA) yang menyebut bahwa Menteri olahraga Vitaly Mutko dan wakilnya Yuri Nagornykh, diduga terlibat skandal doping. Itu sebagaimana diberitakan The American Interest, Selasa (19/7/2016).

"Para pejabat yang disebutkan dalam laporan WADA yang diduga terlibat dalam skandal doping untuk sementara dicopot dari jabatannya sampai proses penyelidikan selesai," demikian pernyataan resmi yang dimuat dari situs Kremlin.

Meski demikian, pernyataan Putin masih simpang siur. Sebab Presiden Rusia diketahui tidak pernah bertindak di bawah tekanan. Itu yang pernah terjadi ketika Alexey Navalny menerbitkan sejumlah laporan tentang korupsi yang terjadi di kalangan pejabat.

Sekadar informasi, Dr Richard McLaren, yang mewakili Badan Anti-Doping Dunia (WADA), menilai 'tak wajar' andai Mutko tidak mengetahui skandal tersebut. Pasalnya, sang wakil Yuri Nagornykh dianggap terbukti dengan peran menyaring atlet mana saja yang akan dilindungi negara.

Terbongkarnya skandal doping itu berawal dari pengakuan mantan kepala laboratorium Moskow, Grigory Rodchenkov, yang mengaku memberikan doping kepada belasan atlet Rusia. Laporan lantas mengungkapkan, pemerintah rupanya melakukan tiga hal terkait skandal doping yakni "mengarahkan, mengendalikan, dan mengawasi" metode penelitian yang dianggap unik.

Baca juga:

Menteri Olahraga Diyakini Terlibat Skandal Doping Rusia

Rusia Tutupi 139 Sampel Positif Doping dari Cabang Atletik
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5442 seconds (0.1#10.140)