Ini Penyebab Kursi Pembalap Rio Haryanto Digusur Esteban Ocon

Sabtu, 13 Agustus 2016 - 22:59 WIB
Ini Penyebab Kursi Pembalap Rio Haryanto Digusur Esteban Ocon
Ini Penyebab Kursi Pembalap Rio Haryanto Digusur Esteban Ocon
A A A
TANGERANG - Manajer Rio Haryanto, Piers Hunnisett, menyebut bahwa Esteban Ocon dibantu tim Marcedes dalam mendapat kursi pembalap utama Manor Racing. Pabrikan asal Jerman disebut memberikan sejumlah dana untuk Manor.

Akibatnya, Rio tersisih dari kursi pembalap utama F1 di Manor Racing. Padahal jika Mercedes tidak memberi uang tambahan, Manor diyakini bakal mempertahankan Rio di kursi utama.

"Pilihan terbaik bagi Rio saat ini sebagai pembalap cadangan. Kami kecewa, tapi kita memang tidak punya dana untuk sampai akhir musim. Sementara Mercedes mengeluarkan 1-4 Juta euro untuk Esteban Ocon," kata Piers saat ditemui SINDOnews di boots Pertamina di GIIAS, Sabtu (13/8/2016)

"Ada peluang, jika masih ada dana lagi Rio bisa balapan di GP Jepang atau GP Brasil," lanjutnya.

Sebelumnya diberitakan, Rio Haryanto kembali menyapa penggemar di Indonesia setelah membela Manor Racing di pentas Formula 1 (F1). Pembalap asal Solo menyapa penggemarnya di booth Pertamina saat Gakindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) berlangsung.

Pembalap Formula 1 langsung mendapat sambutan antusias dari penggemarnya meskipun kelanjutan Rio di pentas balap F1 baru saja diputus timnya. Seperti diketahui, Manor mendepak Rio dari kursi pembalap utama menyusul masalah dana.

Selain menyapa penggemar, Rio juga mengatakan bahwa dirinya akan mengambil waktu untuk latihan fisik dan mempersiapkan mental sambil menunggu tawaran tim baru. "Saat ini yang ingin saya lakukan adalah beraktivitas seperti biasa. Sambil mempelajari hal-hal baru," kata Rio saat ditemui.

Rio menambahkan, dirinya tidak akan menutup kemungkinan menerima tawaran tim lain. "Tahun ini banyak pembalap yang memiliki kontrak berdurasi satu musim penuh. Kita hanya bisa melihat kondisi di race terakhir nanti apakah nanti ada celah untuk masuk ke tim yang lebih baik tahun depan," tambah Rio.

Ibunda Rio, Indah Pennywati, membenarkan hal tersebut. Meski mengonfirmasi Manor Racing sudah menawarkan Rio kembali jadi pembalap utamanya musim depan, pendekatan dengan tim lain tetap bakal mereka lakukan. (Baca Juga: Manor Racing Tawarkan Rio Haryanto Kontrak Penuh Tahun Depan)

"Ya setelah ini kami akan beraktivitas biasa. Rio tetap latihan. Tim juga sudah menyusun proposal (pendanaan)," katanya. (Baca Juga: Ditawari Manor Lagi, Rio Haryanto Malah Tunggu Tim Baru)
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1923 seconds (0.1#10.140)