Ducati Fokus Bikin GP17 Tidak Hanya Untuk 'Pria Kuat'

Kamis, 27 Oktober 2016 - 08:00 WIB
Ducati Fokus Bikin GP17 Tidak Hanya Untuk Pria Kuat
Ducati Fokus Bikin GP17 Tidak Hanya Untuk 'Pria Kuat'
A A A
BOLOGNA - Tim pabrikan Ducati Corse MotoGP tampaknya benar-benar sudah melupakan musim balap 2016 dan lebih fokus ke edisi berikutnya. Karena mereka terus mempersiapkan diri dan berusaha sempurna ketika Jorge Lorenzo menjajal Desmosedici GP17 pada tes pasca musim ini di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia.

Itu karena sebagian petinggi dan anggota tim asal distrik Borgo Paginale, Bologna tersebut, yang tentunya tidak mau disebutkan namanya. Mengaku masih khawatir dengan performa Lorenzo bersama Desmosedici GP17.

Ketakutan ini berasal dari penampilan dan hasil yang didapat oleh Porfuera pada setengah akhir musim 2016. Pada 9 lomba awal musim ini, Lorenzo sanggup meraih 3 kemenangan dan 2 finis podium walau diiringi dua kali terjatuh non poin. Tapi pada 7 lomba berikutnya dia cuma mampu merebut 2 kali finis podium tanpa kemenangan dan 2 kali non poin.

Apakah ini karena Lorenzo takut dirinya mengalami kecelakaan fatal yang bisa menyulitkannya saat memacu Ducati 2017? Artinya dia tidak mau merugikan tim barunya itu.

Namun di tengah ketidakpastian dugaan ini, Ducati meneruskan pekerjaan mereka untuk mengembangkan motor yang mana bakal digunakan oleh Lorenzo untuk bersaing melawan trio Samurai (Honda, Yamaha, Suzuki).

Seperti dilaporkan Motorspor, demi tujuan tersebut tim mekanik Ducati terus mencoba membuat Desmosedici mereka agar tidak terlalu menghabiskan tenaga dari penunggangnya. Yang mana hal itu dirasakan oleh Andrea Dovizioso serta Andrea Iannone musim ini pada sejumlah lomba, salah satunya yang paling berat ialah di MotoGP Inggris, Sirkuit Silverstone.

Di sana, Dovi mengaku kesulitan dan lelah mengajak Desmosedici melibas tikungan. Tapi Iannone malah terjatuh dan gagal melanjutkan lomba. Dengan indikasi ini, departemen teknis Ducati yang dikomandani Gigi Dall’lgna sedang mencari cata buat mengatasinya, sekaligus menciptakan motor yang tak perlu banyak menguras tenaga pembalapnya.

“Kami memiliki ide itu, Gigi tahu kualitas Jorge dan apa yang dia butuhkan (dari motor kami). Walau kami baru akan mendapat ide yang lebih jelas pada tes Valencia,” sembur direktur olah raga Ducati Corse, Paolo Ciabatti.

“Meski begitu, tujuan kami adalah membuat motor yang tidak hanya diperuntukkan bagi pria kuat. Dan ini tidak hanya berlaku buat Jorge, namun juga untuk pembalap lainnya,” imbuhnya.

Lebih lanjut Ciabatti menjelaskan: “Pada saat bersamaan, kami tahu salah satu dari karakteristik utama dari motor ini adalah kekuatan mesinnya. Dan ini biasanya memang membutuhkan kemampuan fisik yang lebih kuat.”
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8588 seconds (0.1#10.140)