PBSI Belum Temukan Penerus Greysia/Nitya

Rabu, 18 Januari 2017 - 05:31 WIB
PBSI Belum Temukan Penerus Greysia/Nitya
PBSI Belum Temukan Penerus Greysia/Nitya
A A A
JAKARTA - Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari menjadi pasangan ganda putri terkuat Indonesia selama empat tahun. Prestasi mentereng mereka raih, termasuk memecahkan rekor medali emas di Asian Games pada 2014 lalu.

Akan tetapi, generasi pelapis setelah Greysia/Nitya masih belum ada yang berprestasi di level yang sama. Hal inilah yang disoroti Eng Hian, Kepala Pelatih Ganda Putri PBSI.

Eng menuturkan, dia sengaja mempersiapkan enam pasang di sektor utama hingga tahun 2018 mendatang. Selama masa percobaan dalam dua tahun tersebut, tiap pasangan akan dinilai tiap tiga bulan, jika tak berkembang maka tak segan-segan ia langsung merombak pasangan tersebut.

Namun mulai 2018, ia akan memilih empat pasangan terbaik untuk memperebutkan tiket ke Olimpiade Tokyo 2020. Eng juga akan menerapkan KPI (key performance indicator), dalam enam bulan harus mencapai nilai sebesar 60 persen, dan dalam setahun harus setidaknya 80 persen, atau mereka harus rela melepas status sebagai pemain tim nasional.

Greysia/Nitya juga tak lagi berpasangan, dimana Nitya kini tengah rehat pasca operasi lutut pada Desember 2016 lalu. Setidaknya ia terpaksa absen di dunia tepok bulu selama enam bulan.

Maka Eng pun meramu kombinasi-kombinasi baru yang diharapkan bisa menembus jajaran ganda putri elit dunia, atau bahkan melebihi prestasi Greysia/Nitya. "Selama ini sektor ganda putri terlalu mengharapkan Greysia/Nitya, regenerasi pelapis bagi saya masik kurang maksimal. Secara target rangking memang sudah bisa, tetapi secara hasil, untuk mendekati Greysia/Nitya masih jauh," ungkap Eng Hian seperti dikutip Badmintonindonesia, Rabu (18/1/2017)

"Kalau Greysia/Nitya dipasangkan, saya sudah tahu titik maksimal mereka sampai mana. Kalau ada kombinasi baru, bisa saja dibawah Greysia/Nitya, atau harapan kita sih lebih dari Greysia/Nitya. Saya masih belum bisa memastikan apakah Greysia/Nitya akan kembali dipasangkan lagi atau tidak," ujar peraih medali perunggu ganda putra di Olimpiade Athena 2004 bersama Flandy Limpele ini.

"Mungkin selama ini anak-anak itu jiwa kompetitifnya masih kurang. Ada yang sudah merasa cukup dengan apa yang didapat sekarang, ada juga yang pasrah," ucap Eng saat ditanya kendalanya dalam mencari penerus Greysia/Nitya.

Berikut daftar tim ganda putri pelatnas 2017:

Utama :

Greysia Polii/Rosyita Eka Putri Sari

Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani

Tiara Rosalia Nuraidah/Rizki Amelia Pradipta

Della Destiara Haris/Apriani Rahayu

Nisak Puji Lestari/Tania Oktaviani Kusumah

Yulfira Barkah/Meirisa Cindy Sahputri

Nitya Krishinda Maheswari

Pelatih : Eng Hian

Asisten : Chafidz Yusuf


Pratama :


Phita Haningtyas Mentari/Virni Putri Jafar

Jauza Fadhila Sugiarto/Serena Kani

Vania Arianti Sukoco/Ramadhani Hastiyanti Putri

Siti Fadia Silva Ramadhanti/Agatha Imanuela

Ribka Sugiarto/Febriana Dwipuji Kusuma

Pelatih : Rudy Gunawan

Asisten : Anggun Nugroho

Pelatih Fisik : Ari Subarkah
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0145 seconds (0.1#10.140)