Rossi Bongkar DNA Honda dan Yamaha

Minggu, 26 Oktober 2014 - 10:54 WIB
Rossi Bongkar DNA Honda dan Yamaha
Rossi Bongkar DNA Honda dan Yamaha
A A A
SEPANG - Valentino Rossi menyadari betul bahwa mesin RC213V milik Honda dan YZR-M1 milik Yamaha memiliki perbedaan. Sehingga juara dunia sembilan kali ini tidak mungkin untuk meniru kecepatan kuda darat Marc Marquez dan Dani Pedrosa.

Gelaran MotoGP mempunyai peraturan yang tegas terkait masalah mesin. Setiap tim tidak diperbolehkan memiliki lima mesin selama menjalani 18 balapan di musim ini. Jika ada yang melanggar sanksi yang akan diberikan kepada pembalap adalah memulai balapan dari pit lane (penalti).

Mesin M1 yang dimiliki Yamaha ternyata masih belum juga mampu menandingi kehebatan RC213V Honda. Padahal para mekanik di Jepang sudah bekerja keras agar performa mesin dapat tampil kompetitif sepanjang balapan musim ini.

Namun takdir berbicara lain, Yamaha M1 hanya kompetitif di awal musim saja. Sementara di sisa balapan menjadi milik RC213V milik Honda. Melihat hal itu Rossi berusaha mengecilkan situasi dengan menyebut bahwa DNA Yamaha dan Honda sangatlah berbeda, sehingga tidak mungkin untuk ditiru.

"Saya tidak bisa memutuskan terkait masalah ini, karena ini adalah metode pabrikan Jepang (bagaimana motor itu dikembangkan). Mereka tahu betul apa yang ingin mereka lakukan dalam mengembangkan motor. Walaupun pada akhirnya mereka tetap mendengarkan saran dari para pembalap untuk mengetahui masalah sebenarnya," kata Rossi dikutip Crash, Minggu (26/10).

"Yang jelas bagi saya adalah dua motor (Yamaha dan Honda) ini sangatlah berbeda. Karena kedua mesin ini memiliki DNA yang berbeda satu sama lainnya. Kelemahan Honda adalah mereka tidak akan pernah memiliki kecepatan yang baik saat melakukan tikungan. Sementara Yamaha, tidak memiliki pergantian mesin yang baik seperti halnya Honda, karena motor sangat berbeda."
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0024 seconds (0.1#10.140)