Barca Akan Bertahan Tanpa Xavi

Kamis, 21 Mei 2015 - 22:25 WIB
Barca Akan Bertahan Tanpa Xavi
Barca Akan Bertahan Tanpa Xavi
A A A
BARCELONA - Kepergian Xavi Hernandez dipastikan tidak akan mempengaruhi skuat Barcelona dan hal tersebut sudah diperlihatkan skuat besutan Luis Enrique musim ini. Dengan minimnya kontribusi Xavi di lini tengah La Blaugrana -julukan Barca-, skuat Catalan tetap mampu tampil impresif dengan berpeluang besar merebut treble winners musim ini. Gelandang veteran asal Spanyol itu juga menyakinkan pendukung Barca, bila klub kesayangan mereka akan terus berkembang meski sudah tanpa dirinya.

Hari ini pemain 35 tahun itu mengumumkan akan meninggalkan klub yang telah dibela sepanjang karirnya tersebut, untuk kemudian membela klub asal Qatar, Al Sadd mulai musim depan. Bergabung bersama Barca sejak usia 11 tahun, Xavi yang memulai debutnya pada 1998 langsung menjelma menjadi pemain kunci skuat Catalan lewat gaya bermain khas mereka tiki-taka. Meski ditinggal beberapa pemain kunci, menurut Xavi tim besutan Enrique akan terus menikmati kesuksesan.

"Barca akan terus meraih kemenangan, bersaing dan bermain dengan bagus, sejarah telah menunjukkan selama ini. Kami telah melihat banyak pemain besar meninggalkan klub dan Barca selalu bisa bangkit kembali untuk membangun skuat serta melanjutkan kesuksesan. Barca akan membawa pemain baru baik dari akademi maupun dari luar klub, sehingga saya pikir mereka tidak akan menemui banyak masalah," jelas Xavi, Kamis (21/5/2015).

Sepanjang karirnya, Xavi telah merebut total 23 trofi dengan rincian 8 Liga Spanyol, 3 Liga Champions, 2 Copa del Rey, 6 Piala Super Spanyol, 2 Piala Super Eropa, dan 2 Piala antar klub). Pencapaian ini tentu akan sulit disamai oleh pemain lain dalam skuat Catalan untuk menjadi pemain Barca yang telah mengoleksi banyak trofi dan mencetak penampilan terbanyak bersama klub yakni 763.

Tanpa seorang jenderal lapangan tengah sekelas Xavi, tentu jadi pukulan berat buat skuat Barca. Namun sejarah tetap membuktikan Barca akan terus berkembang dan melahirkan bintang-bintang baru. "Barca akan terus menjadi sebuah klub besar dan tidak ada keraguan tentang hal ini. Saya sulit mengatakan siapa yang akan menggantikan saya. Semua pemain tidaklah sama, tapi saya yakin Barca akan baik-baik saja," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7124 seconds (0.1#10.140)