Umuh, Sosok Perhatian dan Tak Segan Beri Uang Kadeudeuh Spontan

Senin, 01 Juni 2015 - 21:38 WIB
Umuh, Sosok Perhatian dan Tak Segan Beri Uang Kadeudeuh Spontan
Umuh, Sosok Perhatian dan Tak Segan Beri Uang Kadeudeuh Spontan
A A A
BANDUNG - Umuh Muchtar, biasa disapa Pak Haji, dikenal sebagai bobotoh sejati Persib Bandung. Saking cintanya pada Persib, dia rela menghabiskan waktu guna menyaksikan dan mendukung Persib Bandung bertanding. Bahkan, tak jarang, Umuh kerap memboyong keluarganya untuk menyaksikan pertandingan secara langsung di berbagai kota yang disinggahi Persib.

Tidak hanya memberikan dukungan, Umuh juga kerap memberikan bonus secara langsung kepada para pemain jika Persib meraih kemenangan. Ia juga rela mengeluarkan uang pribadi demi kemajuan tim kesayangan warga Jawa Barat tersebut.

Karena perhatiannya yang sangat besar terhadap Persib, Umuh pun memiliki kedekatan dengan ketua umum Persib saat itu, H Dada Rosada (aktif jadi ketua umum 2002-2009) serta pimpinan pengurusan harian Persib lainnya. Selain dengan pengurus teras, Umuh juga sangat dekat dengan para pemain Persib, dari mana pun asalnya pemain tersebut. Itu sebabnya, banyak yang menyayangkan jika Umuh bulat hati akan meninggalkan dunia sepak bola. (Baca juga: Umuh Tinggalkan Sepak Bola, Atep: Itu Bentuk Kekecewaan Beliau)

Karena kecintaan dan perhatiannya yang sangat besar terhadap Persib itulah Ketua Umum Persib H Dada Rosada memberikan kepercayaan besar kepada Umuh untuk menjadi Asisten Manajer Persib pada kompetisi Indonesia Super League (ISL) tepat musim 2008 silam, dan membantu tugas Jaja Soetardja sebagai manajer tim.

Setelah ditunjuk, Umuh pun langsung menjalankan tugas-tugasnya secara cepat. Musim selanjutnya yaitu ISL 2009-2010, Umuh naik jabatan sebagai manajer Persib Bandung sekaligus sebagai salah satu Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB).

Jabatan tersebut ditunjuk langsung Ketua Umum Persib, Dada Rosada, setelah Persib dinyatakan lepas dari APBD, bahkan sebelumnya Umuh juga menjadi penyelamat Persib yang terancam mundur dari ISL, karena tak memiliki dana setelah pemerintah tak memperbolehkan klub sepak bola profesional mengunakan APBD. Berkat jasanya, hingga kini Persib masih bertahan di ISL bahkan membawa Persib juara ISL tepat musim 2014.

Biodata

Nama lengkap: H. Umuh Muchtar
Tanggal lahir: 2 Juni 1948
Tempat lahir: Bandung, Indonesia
Jabatan: Manajer tim Persib Bandung sejak 2008
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0614 seconds (0.1#10.140)
pixels