Indonesia Terancam Gagal Gelar AFF Championship Futsal

Rabu, 03 Juni 2015 - 13:20 WIB
Indonesia Terancam Gagal Gelar AFF Championship Futsal
Indonesia Terancam Gagal Gelar AFF Championship Futsal
A A A
JAKARTA - Sanksi yang dijatuhkan FIFA terhadap Indonesia ternyata berimbas dari sejumlah turnamen internasional yang sedianya akan digelar di tanah air. Salah satu event yang terancam gagal digelar adalah AFF Championship Futsal yang diagendakan digelar pada 8 hingga 18 Oktober mendatang.

Seperti diketahui, Indonesia saat ini tengah dikucilkan dari sepak bola internasional. Itu semua berawal dari kengototan Menteri Pemuda dan Olah Raga, Imam Nahrawi yang enggan mencabut SK Pembekuan terhadap PSSI. Jelas, hal ini sangat ditabukan oleh otoritas sepak bola dunia di mana pemerintah tidak boleh intervensi ke federasi suatu negara.

Selain ajang futsal yang saat ini tengah digenjot kualitasnya oleh Asosiasi Futsal Indonesia (AFI), Indonesia sepertinya juga akan kehilangan haknya sebagai tuan rumah untuk menggelar AFF Cup U-16 dan AFF Championship U-16.

AFF Cup U-16 sendiri direncanakan bergulir 27 Juli hingga 7 Agustus di Solo. Sedangkan AFF Cup U-19 digelar di Sidoarjo pada 22 Agustus hingga 4 September.

Sekjen PSSI, Azwan Karim seperti dikutip situs resmi PSSI mengungkapkan PSSI telah melayangkan surat ke AFF dan AFC untuk status tuan rumah tiga event tersebut. "Karena keputusan sanksi sudah turun, kami bersurat ke AFF termasuk ke AFC karena sebelumnya mencalonkan menjadi tuan rumah AFF Cup U-16 dan U-19. Jadi, kami menyerahkan ke AFF dan AFC untuk status tuan rumah," kata Azwan Karim, Selasa (2/6/2015) kemarin.

Menurut Azwan, peluang untuk menjadi tuan rumah tiga ajang itu masih ada. Hal ini karena tiga event itu masih lama. "Peluang masih ada. Jika ada solusi yang membuat FIFA mencabut sanksi. Namun kami tidak bisa berandai-andai karena tidak mau membuat susah federasi lain yang akan mengirim tim," bebernya.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5943 seconds (0.1#10.140)