Milan Bisa Bangkit

Minggu, 07 Juni 2015 - 09:04 WIB
Milan Bisa Bangkit
Milan Bisa Bangkit
A A A
MILAN - Keterlibatan miliuner Asia Tenggara di kancah Seri A semakin luas. Setelah Erick Thohir membeli Inter Milan, giliran pengusaha Thailand Bee Taechaubol merambah AC Milan.

Presiden Milan Silvio Berlusconi resmi melepas 48% sahamnya kepada pemilik perusahaan Thai Prime Company Limited. Artinya, saham mantan Perdana Menteri Italia itu hanya tersisa 52%. Kabarnya, Bee harus merogoh sekitar 500 juta euro demi mencantumkan namanya dalam daftar dewan direksi.

“Kesepakatan menjamin kendali klub tetap dipegang Presiden Silvio Berlusconi dan Fininvest, yang akan memegang mayoritas saham 52%. Konsorsium yang diwakili Bee Taechaubol akan mengakuisisi saham minoritas sebesar 48%,” kata Bee, dilansir Football Italia . Keputusan Berlusconi menjual sebagian sahamnya berpotensi membuat Milan jatuh ke tangan asing. Bee hanya perlu 3% saham lagi agar bisa mengendalikan I Rossoneri .

Bisa saja dia membeli saham Milan lebih banyak. Ini bukan hal mustahil lantaran aset Bee konon menembus 10,6 miliar euro. Skenario itu bisa terjadi mengingat Bee sangat mengagumi Milan, meski dirinya mengklaim bisa membeli tiga klub Liga Primer sekaligus. Tapi, dia mengaku tidak mau tim lain kecuali Milan. Maksudnya, akan sulit menghalangi pria kelahiran 12 September 1975 itu untuk memperbesar kekuasaannya di San Siro.

“Ini bukan akhir era Berlusconi. Berlusconi sosok yang paling berjasa membuat AC Milan sehebat ini. Dia akan tetap terikat dengan klub ini. Tidak benar jika dia sudah tidak tertarik lagi kepada Milan. Rumitnya negosiasi membuktikan bahwa dia masih mencintai klub ini,” papar Bee. Terjadinya kesepakatan ini bukan tanpa alasan, karena rumornya sudah merebak cukup lama.

Semua itu demi menghindari Milan dari pailit. Tim yang sekarang diasuh Filippo Inzaghi itu ditengarai memiliki utang sebesar 6,57 juta euro. Salah satu indikator terjadinya krisis keuangan ditandai dengan penjualan bus tim demi menghemat anggaran. Alasan lainnya demi memudahkan Milan menambah kekuatan.

Jika tidak ada suntikan modal, Milan dipastikan sulit bergerak pada bursa transfer. Itu dapat membuat Milan mengalami nasib serupa pada musim 2015/2016, yakni kalah bersaing dengan Juventus yang sudah tiga kali beruntun merebut scudetto. Faktanya, Milan sedang memburu sejumlah pemain jempolan. Target utama adalah pemain Paris Saint-Germain (PSG) Zlatan Ibrahimovic.

Setelah Bee resmi menanamkan modalnya, Milan dikabarkan meningkatkan upaya untuk memboyong bomber asal Swedia itu. Maklum, Milan kabarnya bersedia memenuhi syarat Ibrahimovic yang ingin digaji 7 juta euro per musim. Milan juga diyakini hendak memboyong pemain PSG lainnya, di antaranya Thiago Silva dan Ezequiel Lavezzi.

Yang jelas, dengan hadirnya Bee, Milan kini bisa menyusun daftar belanja untuk bursa transfer musim panas ini.

M mirza
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1123 seconds (0.1#10.140)