Tragedi Terbesar Sepak Bola Cile

Sabtu, 04 Juli 2015 - 11:49 WIB
Tragedi Terbesar Sepak Bola Cile
Tragedi Terbesar Sepak Bola Cile
A A A
JAKARTA - Penutupan Copa America 1955 dikenang sebagai salah satu hari kelam dalam sejarah sepak bola Cile.

Bukan sekadar karena kegagalan merebut gelar di kandang sendiri, melainkan tragedi yang terjadi menjelang pertandingan penentu. Turnamen ke-23 sepanjang sejarah itu hanya diikuti enam negara dan menggunakan sistem setengah kompetisi. Cile bersanding bersama Argentina di puncak klasemen memasuki duel pamungkas.

Kedua tim sama-sama mengantongi 3 kemenangan dan 1 imbang pada empat partai sebelumnya. Namun, Cile unggul produktivitas gol (19-7 berbanding 17-6). Momen penentuan akhirnya tiba. Pada 30 Maret 1955, masyarakat Cile berbondong-bondong menyerbu Estadio Nacional untuk menyaksikan tim kesayangan berjuang memetik prestasi perdana.

Panitia tidak mengantisipasi hal ini. Mereka tetap memberlakukan kebijakan menjual tiket pada hari pertandingan dan dilaksanakan di luar stadion. Musibah pun tidak terhindari. Puluhan ribu orang tidak sabar masuk stadion. Aksi saling dorong berlangsung. Banyak yang terjatuh dan terinjak lautan manusia.

Peristiwa ini tercatat sebagai tragedi terburuk dalam sejarah sepak bola Cile. Laporan resmi menunjukkan tujuh nyawa melayang dan 500 terluka. Namun, media setempat menyatakan korban yang meninggal jauh lebih banyak. Hasil duel turut menambah penderitaan Cile.

La Roja menyerah akibat gol Rodolfo Micheli pada menit ke-14 babak kedua. Cile masih harus menunggu. Sebaliknya, Argentina merayakan gelar ke-10. La Albicelestelalu meraup prestasi lagi pada 1957, 1959, 1991, dan 1993. Sejak itu Cile mendapat tiga kesempatan untuk menuntaskan puasa trofi.

Salah satunya pada edisi berikutnya. Namun, kali ini mereka berada di bawah Uruguay. Sementara pada 1979 (Paraguay) dan 1987 (Uruguay) Cile bertekuk lutut pada final dengan kompetisi mulai menggunakan format gugur.

Harley Ikhsan
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3473 seconds (0.1#10.140)