Komnas HAM Akan Selidiki Kisruh Sepak Bola Nasional

Jum'at, 10 Juli 2015 - 17:38 WIB
Komnas HAM Akan Selidiki Kisruh Sepak Bola Nasional
Komnas HAM Akan Selidiki Kisruh Sepak Bola Nasional
A A A
JAKARTA - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) berencana akan melakukan penyelidikan terkait pelanggaran HAM yang terjadi lantaran konflik sepak bola nasional. Menurut salah satu komisoner Komnas HAM, Natalius Pigai, penyelidikan yang akan dilakukan oleh Komnas HAM, nantinya akan menghasilkan sebuah rekomendasi yang bisa digunakan oleh presiden untuk mengambil langkah selanjutnya.

''Tentunya bila ada laporan, kami akan segera melakukan penyelidikan. Karena ini jelas sebuah bentuk pelanggran HAM, maka kami (Komnas HAM) memiliki hak untuk melakukan penyelidikan,'' ungkap pria kelahiran Paniai, Papua 28 Juni 1975 kepada Sindonews.com. (Baca juga: APPI Berencana Laporkan Menpora ke Komnas HAM)

''Penyelidikan tersebut nantinya akan menghasilkan sebuah surat rekomendasi. Nanti rekomendasi itu bisa digunakan oleh DPR maupun presiden untuk mengambil langkah selanjutnya,'' sambung Pigai. (Baca juga: Menpora Sengaja Lakukan Pelanggaran HAM)

Untuk itu Pigai berharap, semua pelaku sepak bola yang merasa telah dirugikan oleh kebijakan yang telah dikeluarkan Menpora mau untuk memberikan laporan kepada Komnas HAM. Karena hal itu akan menjadi pintu masuk utama bagi Komnas HAM untuk melakukan penyelidikan.

''Maka dari itu kami harap semua pihak yang merasa dirugikan mau memberikan laporan kepada kami. Karena laporan itu nantinya akan menjadi pintu masuk bagi kami untuk memulai sebuah penyelidikan,'' tegas Pigai.
(rus)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4872 seconds (0.1#10.140)