Harapan Baru

Jum'at, 24 Juli 2015 - 10:23 WIB
Harapan Baru
Harapan Baru
A A A
LIVERPOOL - Christian Benteke memikul tugas berat setelah resmi berlabuh di Anfield. Bomber asal Belgia itu harus mampu meningkatkan produktivitas Liverpool yang anjlok pada musim lalu.

Perekrutan Benteke dari Aston Villa merupakan bentuk keseriusan Liverpool membenahi lini depan. Tim besutan Brendan Rodgers itu mengamankan pemain berusia 24 tahun tersebut setelah membayar klausul yang konon bernilai 32,5 juta pounds. Dia menjadi pemain kedua termahal sepanjang sejarah klub asal Merseyside itu setelah Andy Carroll (35 juta pounds).

“Saya merasa sangat senang bisa berada di sini (Liverpool). Saya ingin berterima kasih kepada pemilik klub Ian Ayre dan tentunya pelatih (Brendan Rodgers) atas usaha keras mereka membawa saya ke sini,” ujar Benteke, di laman resmi Liverpool. Sosok bernama lengkap Christian Benteke Liolo itu kabarnya menyetujui kontrak berdurasi lima tahun atau hingga 2020.

Sayang, belum diketahui berapa besar bayarannya setiap pekan. Yang pasti, Benteke kini berkewajiban membuktikan kapasitasnya sebagai bomber berkualitas pada musim 2015/2016. “Sangat sulit mengungkapkan perasaan Anda seusai menyelesaikan kesepakatan ini. Tentunya saya sangat bahagia. Saya pikir ini klub yang tepat bagi saya. Saya sudah berbicara banyak dengan pelatih.

Saya ingin jadi bagian dari proyeknya,” sebut Benteke. Benteke menerima tugas itu karena The Reds kekurangan penyerang andal selepas kepergian Luis Suarez ke Barcelona pada musim panas lalu. Daniel Sturridge yang diharapkan bisa jadi penerus malah disibukkan cedera sepanjang musim.

Dibelinya Mario Balotelli dari AC Milan seharga 16 juta pounds pun tidak banyak membantu. Adam Lallana, Rickie Lambert, dan Divock Origi ikut gagal memenuhi harapan. Torehan mereka di Liga Primer, bahkan di seluruh kompetisi tidak sampai dua digit. Hanya Steven Gerrard (13 gol) dan Raheem Sterling (11 gol) yang dianggap lumayan.

Liverpool hanya mampu menghasilkan 52 gol di kompetisi domestik. Jumlah itu jauh menurun ketika Suarez masih bertugas yang mencapai 101 gol pada 2013/2014. Padahal, Liverpool sudah merogoh 55 juta pounds untuk memperbaiki masalah tersebut. Karena itu, kehadiran Benteke diharapkan dapat jadi solusi. Mungkinkah? Keinginan Liverpool bisa saja terpenuhi. Benteke memiliki postur besar mencapai 190 cm, tangguh, dan cepat.

Pria yang lahir di Kinshasa, Zaire, itu sudah membuktikan kemampuannya dalam beberapa musim terakhir. Meski membela klub medioker, dia mampu bersaing dengan algojo-algojo ternama. Menurut statistik, sejak menjalani debut di Liga Primer bersama Villa pada September 2012, Benteke menempati urutan keempat pengumpul gol terbanyak dengan 42 gol dari 88 laga.

Mantan anggota KRC Genk itu hanya tertinggal dari Sergio Aguero (55), Luis Suarez (53), serta Robin van Persie (44). Bila dipukul rata, rata-rata Benteke mencetak satu gol per 174,55 menit atau per 22,11 tembakan. Rinciannya, 22 gol lahir dari kaki kanan dan 7 gol lewat kaki kiri serta 17 gol hasil sundulan.

Di samping tajam, dia juga mampu menciptakan 8 assist gol. Kehadiran Benteke dipastikan membuat cakar Liverpool kembali tajam. Sebelumnya ada dua pemain berkarakter menyerang yang lebih dulu singgah, yakni Danny Ings dan Roberto Firmino.

M mirza
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7264 seconds (0.1#10.140)